Geger Ditangkap, Hacker Bjorka Tiba-tiba Muncul Ejek Pemerintah Salah Tangkap hingga Beri Bocoran Ini

15 September 2022 17:10 WIB
Bjorka
Bjorka ( Kompas.com)

Sonora.ID - Kabar penangkapan sosok diduga Hacker Bjorka sempat jadi perbincangan hangat.

Disebutkan bahwa sosok tersebut ditangkap di Madiun, Jawa Timur pada Rabu (14/9/2022) malam dan masih menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

Menanggapi pemberitaan itu, hacker Bjorka muncul dan menepis bahwa yang ditangkap oleh polisi di Madiun adalah dirinya.

Bjorka memberikan pesan kepada pemerintah melalui forum Breached.co dalam thread berjudul “The Indonesian Government is Looking For Me?” (Apakah Pemerintah Indonesia Sedang Mencari Saya?).

Thread yang diunggah pada Kamis pagi (15/9/2022) itu dibuat Bjorka untuk membantah klaim pemerintah yang menyebut telah mengidentifikasi siapa dirinya.

“LOL (Laugh Out Loud/tertawa terbahak-bahak), Pemerintah Indonesia merasa telah mengidentifikasi saya berdasarkan misinformasi dari Dark Tracer (@darktracer_int), yang telah memberikan layanan palsu kepada pemerintah Indonesia,” tulis Bjorka dalam thread tersebut seperti dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga: CEK Fakta! Hacker Bjorka Sudah Tertangkap di Madiun?

Tak sampai disitu, Bjorka juga menepis kabar yang menyebut bocah yang tertangkap adalah dirinya.

"Anak ini sekarang telah ditangkap dan diinterogasi oleh pemerintah Indonesia. Untuk Dark Tracer, ini adalah kesalahan Anda karena memberi informasi yang salah," lanjut Bjorka.

Hacker Bjorka juga mengklaim bahwa Menteri Komunikasi dan Informatik, Johnny Plate, yang sempat ia bocorkan identitasnya akan segera diberhentikan dari jabatannya.

Bjorka menyebut informasi yang didapatnya berasal dari sumber internal istana.

“Saya mendapatkan informasi dari dari salah seorang teman yang bekerja di kepresidenen bahwa Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate akan segera diganti,” tulis Bjorka.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengatakan identitas hacker Bjorka sudah dikantongi pemerintah.

Pihaknya bahkan sudah tahu lokasi dan tingkat kemampuan pemilik akun Twitter @Bjorkanism_ atau Bjorka tersebut.

"Kita terus menyelidiki. Karena sampai sekarang ini memang gambaran-gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri, tetapi belum bisa diumumkan. Gambaran-gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua," kata Mahfud saat konferensi pers di kantor Kemenko Polhukam RI Jakarta Pusat pada Rabu (14/9/2022).

Mahfud menambahkan tindakan Bjorka bisa jadi memiliki motif yang beragam, mulai dari politik, ekonomi, jual-beli, dan sebagainya.

"Motif-motif kayak gitu itu sebenarnya tidak ada yang terlalu membahayakan," kata Mahfud.

Bjorka juga sebenarnya dianggap tak memiliki keahlian membobol data yang mumpuni.

Tim gabungan Badan Intelijen Negara (BIN) dan Polri menggunakan alat khusus untuk melacak keberadaan hacker Bjorka.

“Gambaran siapa dan di mananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua,” kata Mahfud.

Baca Juga: 7 Hacker Paling Terkenal dan Berbahaya di Dunia, Lebih Jago dari Hacker Bjorka yang Viral?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm