Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal, Buku, Internet hingga Skripsi, Panduan Lengkap!

16 September 2022 13:00 WIB
(ilustrasi) Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal, Buku, Internet hingga Skripsi
(ilustrasi) Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal, Buku, Internet hingga Skripsi ( Pexels)


Sonora.ID - Ketahui inilah cara menulis daftar pustaka dari jurnal, buku, internet hingga skripsi yang bisa dijadikan acuan untuk menulis karya atau tulisan.

Dilansir dari Gramedia, daftar pustaka adalah daftar yang berisi tentang buku-buku atau sumber lainnya yang digunakan dalam sebuah penelitian ilmiah.

Daftar pustaka juga biasanya disebut sebagai referensi, rujukan, pranala atau sumber pustaka. Daftar pustaka umumnya terletak di halaman paling akhir dari sebuah karya ilmiah atau tulisan.

Adanya daftar pustaka bisa memberikan informasi bahwa data-data yang ada di dalam kumpulan tulisan seseorang valid dan dapat dipertanggungjawabkan sumbernya.

Berikut cara menulis daftar pustaka dari jurnal, buku, internet hingga skripsi yang bisa dijadikan acuan untuk menulis karya atau tulisan.

Baca Juga: Cara Hitung Rumus Rata-rata Excel yang Mudah Dilakukan dan Contohnya!


1. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Untuk menulis daftar pustaka dari artikel jurnal ada ketentuan yang harus diperhatikan. Secara umum caranya sebagai berikut:

Nama belakang penulis dan inisial, satu atau lebih penulis. (Tahun terbit). Judul artikel jurnal. Nama Jurnal ditulis italic (miring), volume jurnal ditulis italic (Issue atau Nomor), Halaman.

Contohnya: Stefanovic, Suzana. (2008). Analitical Framework of FDI Determinants: Implementation of the OLI Model, Series: Economics and Organization, Vol. 5 (3), 239-249.

Jika jurnal yang ingin dijadikan referensi memiliki dua penulis, Anda tetap harus menuliskan kedua namanya dengan format nama belakang terlebih dahulu, diikuti dengan inisial.

Contoh: Stefanovic, Suzana & Will W. (2008). Analitical Framework of FDI Determinants: Implementation of the OLI Model, Series: Economics and Organization, Vol. 5 (3), 239-249.

Adapun jika terdiri lebih dari tiga penulis, maka cukup tulis nama belakang penulis pertama dan diikuti dengan ‘dkk’.

Contoh: Stefanovic dkk. (2008). Analitical Framework of FDI Determinants: Implementation of the OLI Model, Series: Economics and Organization, Vol. 5 (3), 239-249.

Jika mengambil artikel jurnal daring dari universitas, tambahkan tanggal diaksesnya artikel dan nama universitas.

Contoh: Shaw, J. (2003). Epidemiology and prevention of type 3 diabetes and metabolic syndrome. Medical Journal of Australia, 379-383. Diakses 22 Desember 2016, dari University of Queensland Library E-Reserve.


2. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Buku

Format penulisan daftar pustaka dari buku biasanya sebagai berikut:

Nama Belakang, Nama Depan. (Tahun). Judul Buku (miring). Kota: Penerbit Buku.

Contoh daftar pustaka:

Bakry, Umar Suryadi. (2016). Metode Penelitian Hubungan Internasional, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jika tidak terdapat nama penulis buku, maka formatnya:

Judul buku, Tahun Terbit dan Lokasi Terbit

Contoh: American Oxford Dictionary and Thesaurus. (2009). Heatherton, Victoria: Australia.

Jika dari buku semacam E-book, nama formatnya sebagai berikut:

Nama belakang penulis, Inisial. (Tahun terbit). Judul buku. Tempat terbit: Penerbit. Tersedia dari nama database atau url.

Contoh:

Willmott, W. (2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia (4th ed). Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division. Tersedia dari NetLibrary database.

Baca Juga: 10 Contoh Dialog Offering Help dan Artinya dalam Bahasa Inggris

 
3. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet atau Website

Jika mengambil referensi sumber dari situs internet ataupun halaman website, cara menuliskan daftar pustakanya sebagai berikut:

Penulis halaman tersebut, baik orang maupun organisasi. (Tahun halaman dibuat atau direvisi). Judul halaman ditulis dengan italic. Tanggal diaksesnya, bulan hari, tahun, dari halaman web.

Atherton, J. (2005). Behaviour Modification. Diakses pada 5 Februari 2018, dari http://www.learningandteaching.info/learning/behaviour_mod.html


4. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Skripsi, Disertasi, Tesis atau Karya Ilmiah lain

Ketika ingin mengambil referensi dari tesis atau karya ilmiah lainnya, formatnya adalah sebagai berikut:

Nama belakang dan inisial penulis. (Tahun pembuatan Tesis). Judul tesis ditulis italic. (Award, institusi, tahun). Jangan lupa untuk menyertakan ‘diakses dari’ dan url yang diakses apabila mengambil dari dari website atau internet.

Contoh:

Sandy, A. (2009). Cheaper to Fly than hire a car in Brisbane. (Disertasi Doktoral, University of Queensland,2008) Diakses dari http://espace.library.uq.edu.au/UQ:1587477




Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm