6 Contoh Kesimpulan Makalah yang Baik dan Benar Lengkap dengan Panduan Menulis Kesimpulan

19 September 2022 12:00 WIB
Ilustrasi Contoh Kesimpulan Makalah yang Baik dan Benar
Ilustrasi Contoh Kesimpulan Makalah yang Baik dan Benar ( Pexels)


Sonora.ID - Salah satu unsur penting yang tak boleh dilewatkan pada saat menyusun makalah adalah kesimpulan. Berikut contoh kesimpulan makalah yang baik dan benar.

Dalam karya tulis ilmiah apapun, termasuk makalah, kesimpulan tak boleh disepelekan.

Biasanya kesimpulan selalu berada di bagian bab terakhir sebuah makalah. Kesimpulan juga bisa disertai dengan saran dari penulis kepada pihak-pihak terkait.

Meski ada di bab terakhir, ada tata cara yang perlu diperhatikan dalam menyusun kesimpulan suatu makalah.

Agar tidak kebingungan, berikut cara menulis kesimpulan dan beberapa contoh kesimpulan makalah dari sebuah makalah dengan berbagai macam topik.

Baca Juga: 7 Contoh Saran dalam Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap dengan Tips Membuatnya


Cara Menulis Kesimpulan

Menurut Tjipto Sumadi dkk (2020), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat kesimpulan makalah atau karya ilmiah lainnya, yaitu:

  1. Isi dalam kesimpulan harus berupa analisis dari kajian pustaka dan juga interpretasi dari tema yang mana bentukannya dapat berupa implikasi (kesimpulan berdasarkan data) dan dapat juga berupa inferensi (kesimpulan berdasarkan referensi).
  2. Isi di dalam kesimpulan sebaiknya mengandung saran-saran yang ditujukan kepada pembaca
  3. Kesimpulan dibuat dengan cara menggambarkan secara singkat isi dari penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya.
  4. Hindari menyimpulkan materi yang tidak dibahas dalam pembahasan.


Ada beberapa cara untuk menulis kesimpulan yang baik dan benar, yaitu:

  1. Jangan menulis kesimpulan menyimpang dari apa yang telah dibahas sebelumnya.
  2. Sebaiknya tidak mengulangi kata yang persis dengan apa yang ditulis di pembahasan sebelumnya.
  3. Dengan deduksi atau pengambilan kesimpulan dari uraian atau materi yang diungkapkan sebelumnya.
  4. Opini personal terkait dari apa yang telah didiskusikan atau yang dibahas dalam makalah atau karya tulis ilmiah
  5. Jangan lupa sebutkan keterbatasan penelitian yang dilakukan. Keterbatasan seharusnya dikaitkan dengan proses penelitian yang dijalankan dan tidak dengan tiba-tiba dimunculkan. Keterbatasan dapat terkait dengan teori yang digunakan, metode yang diaplikasikan ataupun terkait dengan generalisasi hasil penelitian. Keterbatasan ini akan menjadi dasar untuk bagian selanjutnya.

Baca Juga: 5 Contoh Latar Belakang Makalah Penelitian dan Cara Menyusunnya

Contoh Kesimpulan Makalah

Ada beberapa contoh kesimpulan makalah yang bisa dijadikan referensi sesuai dengan tema yang diangkat.

1.Tema Hukum

Contoh kesimpulan makalah yang bersumber dari Hukum Perikatan yang disusun oleh Satria Dwinugraha dengan judul “ANALISIS PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM KASUS PROYEK PEMBANGUNAN WADUK JATIGEDE” pada tahun 2021, memiliki kesimpulan berupa:

BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan

Bilamana kita lihat dalam pasal 1 ayat 22 UU Nomor 8 tahun 1981 tentang KUHAP yang berisi sebagai berikut yaitu

“Ganti kerugian atau rugi adalah hak seseorang untuk mendapatkan pemenuhan atas tuntutannya yang berupa imbalan sejumlah uang karena ditangkap, ditahan, dituntut ataupun diadili tanpa alasan yang berdasarkan undang-undang atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan menurut cara yang diatur dalam undang-undang ini.”

Maka pada dasarnya dalam hukum, Eroh Rohayati sebagai penggugat berhak menuntut ganti rugi atas kerugian yang telah diterimanya. Kemudian sang tergugat pun wajib memenuhi hak sang penggugat karena kelalaian yang telah dilakukan yaitu secara sadar dan lalai dalam melakukan pendataan yakni tidak mendaftarkan Penggugat sebagai salah satu pihak yang berhak menerima uang tunai untuk rumah pengganti proyek pembangunan waduk Jatigede.


2.Tema Ekonomi

Contoh kesimpulan makalah pada jurnal penelitian yang ditulis oleh Listya Endang Artiani dari Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi UPN Veteran Yogyakarta, dengan judul “DAMPAK EKONOMI MAKRO BENCANA: INTERAKSI BENCANA DAN PEMBANGUNAN EKONOMI NASIONAL” pada tahun 2011:

KESIMPULAN

Dalam jangka pendek periode pasca bencana baik langsung dan tidak langsung dapat memungkinkan diatasi karena diperolehnya berbagai bantuan, tetapi pada periode ini tidaklah cukup mengkompensasi semua kerugian terutama yang dampak sistemik dan sekunder yang dirasakan beberapa saat setelah kejutan awal bencana. Konsekuensi kejutan bencana secara konsisten ditafsirkan sebagai peristiwa yang luar biasa diluar kondisi normal, namun sebagai suatu kerentanan akibat bencana belum diintegrasikan ke dalam perencanaan pembangunan.

Dalam jangka panjang telaah perkembangan indikator-indikator ekonomi makro penting sebagai acuan pembuatan kebijakan makro pasca bencana sebagai baseline untuk memastikan sejauh mana bencana mengganggu ekonomi makro pada tingkat yang dicapai.

Penggunaan model yang akan dipakai dalam mengestimasi dampak ekonomi makro pasca bencana dapat disesuaikan dengan tujuan penelitian yang ditentukan. Namun, pemilihan model yang lebih komprehensif adalah yang diperlukan untuk rekomendasi kebijakan.

3. Tema Sosial

Contoh kesimpulan makalah pada artikel jurnal penelitian berjudul “PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR (PSBB) DAN MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH” yang ditulis oleh Rindam Nasruddin dan Islamul Haq pada tahun 2020 ini:

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa keadaan di sejumlah daerah yang semakin menimbulkan banyaknya Virus Corona (Covid-19) ini membuat pemerintah mengambil sejumlah langkah, salah satunya adalah menerapkan sistem PSBB. Pembatasan kegiatan tersebut ditujukan bagi penduduk dalam satu wilayah yang diduga telah terkena atau terinfeksi Corona. Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dibuat untuk dapat menekan perkembangan Virus Corona (Covid-19) di Indonesia. Tentunya dengan adanya peraturan PSBB ini benar-benar bisa ditaati oleh masyarakat Indonesia, karena seperti yang kita ketahui bahwa ancaman Virus Corona (Covid-19) ini merupakan ancaman yang benar-benar nyata dan tidak memandang kalangan bawah hingga kalangan atas sekalipun.

Diterapkannya peraturan PSBB adalah suatu langkah kecil namun berarti besar, tetapi disisi lain juga memberikan dampak terhadap beberapa masyarakat khususnya yang berpenghasilan rendah karena sangat berpengaruh bagi ruang gerak mereka untuk mencari nafkah. Hal ini menyebabkan keresahan bagi para masyarakat yang pekerjaannya berada di luar, yang mengharuskan mereka untuk membatasi kegiatan di luar rumah, dan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan kehidupan sehari-harinya.

Baca Juga: Contoh Makalah SMA dan Strukturnya yang Benar, dengan Penjelasan

4.Tema Psikologi

Contoh kesimpulan makalah pada artikel jurnal penelitian berjudul “MEMAHAMI PSIKOLOGI PERCERAIAN DALAM KEHIDUPAN KELUARGA” yang ditulis oleh Agoes Dariyo pada tahun 2004.

Kesimpulan

Perceraian merupakan sebuah fakta yang sering terjadi di tengah masyarakat kita. Seringkali perceraian tidak dapat dihindari oleh pasangan, walaupun keduanya telah berupaya secara baik-baik mengatasinya, namun tetap gagal dan menemui jalan buntu. Keduanya tentu sudah memikirkan segala resiko yang harus diterima dan ditanggung bila keduanya bercerai. Mereka menjadi janda atau duda, anak-anak tidak memiliki orangtua yang utuh, hidup merasa tidak bahagia dan sebagainya.


5. Tema Kesehatan

Contoh kesimpulan makalah dari artikel jurnal penelitian berjudul “PENGETAHUAN PENERAPAN KESELAMATAN PASIEN (PATIENT SAFETY) PADA PETUGAS KESEHATAN” yang ditulis oleh Ns. Nining Sriningsih dan Endang Marlina pada tahun 2020.

KESIMPULAN

Sebagian besar responden dengan usia 20–25 tahun (dewasa muda) 28 orang, berjenis kelamin perempuan 34 orang, pendidikan S-1 sebanyak 28 orang, dan rata responden dengan lama kerja < 3 tahun dan > 3 tahun yaitu 25 orang. Sebagian besar dengan pengetahuan baik yaitu 31 responden (62,0%). Sebagian besar petugas kesehatan menerapkan patient safety dengan baik yaitu 33 responden (66,0%). Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan penerapan keselamatan pasien (patient safety) pada petugas kesehatan di Puskesmas Kedaung Wetan kota Tangerang tahun 2019

6.Tema Biologi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm