Inilah 6 Cara Membersihkan Sepatu Kanvas Putih, Bagaimana Caranya?

19 September 2022 16:25 WIB
Ilustrasi sepatu putih
Ilustrasi sepatu putih ( Kompas.com)

Sonora.ID - Membersihkan sepatu kanvas bukan menjadi masalah yang rumit.

Hanya saja jika sepatu kanvasmu berwarna putih, kamu perlu melakukan beberapa cara di bawah agar sepatu bisa berwarna putih cerah:

  1. Lepaskan tali dan pernak-pernik yang mungkin menempel di sepatu.
  2. Rendam tali sepatu ke dalam wadah yang berisi larutan dua sendok deterjen dan semangkuk air panas.
  3. Buat larutan deterjen dan air secukupnya. Ambil sikat gigi kemudian celupkan ke larutan deterjen. Gosok sepatu kanvas perlahan secara menyeluruh, mulai dari dalam sepatu hingga area luarnya.
  4. Tambahkan pemutih dengan bahan klorin ke dalam larutan sabun bila sepatu tampak kusam.
  5. Bila menggunakan mesin cuci, kamu perlu membilas sepatu yang kotor dengan air sebelum memasukkannya ke mesin. Masukkan sepatu ke dalam jaring mesin cuci, lalu tambahkan beberapa handuk putih. Beri deterjen dan pemutih. Gunakan air hangat dan putaran rendah.
  6. Setelah memastikan sepatu kanvas putih bersih. Kamu bisa menjemurmnya di bawah sinar matahari langsung. Jangan pernah menggunakan mesin pengering dengan suhu maksimum karena bisa membua lem yang merekatkan sepatu mencair.

Baca Juga: Putra Mahkota Bank BCA, Armand Hartono Pernah Tambal Sepatu Jebol Pakai Lakban

Cara mencuci sepatu kulit putih:

Untuk membersihkan sepatu kulit putih, kamu bisa menggunakan beberapa langkah berikut :

  1. Lepaskan tali sepatu kemudian rendam dalam air sabun.
  2. Lap sepatu menggunakan kain atau handuk lembut yang lembab secara menyeluruh. Perhatikan area jahitan sepatu, karena biasanya ada debu atau kotoran yang menempel di sana. Jika sepatu sangat kotor, kamu bisa menambahkan sedikit deterjen ke dalam air.
  3. Bersihkan sol sepatu menggunakan spon melamin. Namun, jangan sampai spon melamin mengenai bagian sepatu yang berbahan kulit. Sebab, permukaan spon yang kasar bisa merusak kulit sepatu.
  4. Bila ada noda lecet yang membandel, kamu bisa menggunakan baking soda untuk menghilangkannya. Caranya tinggal taburkan baking soda pada kain, kemudian gosok sepatu putih perlahan sampai noda menghilang. Selanjutnya bilas sepatu dengan air bersih. Lalu keringkan di ruangan terbuka tapi bukan di bawah sinar matahari langsung.

Baca Juga: 5 Fakta Hidup dan Profil Adhitya Caesarico Pemilik Aerostreet yang Kini Jadi Miliarder

Cara membersihkan sepatu suede putih:

Sepatu jenis ini biasanya warnanya bukan putih cerah. Meski begitu kamu tetap perlu membersihkannya dengan hati-hati.

  1. Gosok semua area sepatu suede dengan sikat lembut untuk menghilangkan kotoran yang menempel.
  2. Bila ada noda minyak di sepatu, taburkan tepung maizena atau bedak agar minyaknya terserap. Kemudian gosok dengan sikat lagi.
  3. Kalau ada noda yang membandel kamu bisa menggunakan cuka putih. Celupkan kain ke cuka, lalu gosokkan ke area sepatu suede yang lecet.Bila sudah benar-benar bersih, keringkan sepatu suede di ruangan yang terbuka. Namun, jauhkan dari sinar matahari langsung.

Cara membersihkan sepatu vinyl putih:

Kalau kamu memiliki sepatu putih berbahan vinyl atau kulit paten. Berikut cara merawatnya agar tetap tampak mengkilap.

  1. Ambil kain yang lembut kemudian celupkan ke dalam air bersih. Lalu gosok perlahan sepatu agar kotoran yang ada di permukaan menghilang.
  2. Kalau sepatu lecet, kamu bisa menggunakan pembersih kuku berbahan aseton untuk menghilangkannya. Tinggal basahi kapas dengan pembersih kuku lalu gosok permukaan sepatu yang lecet secara perlahan.
  3. Bersihkan bagian bawah sepatu menggunakan larutan sabun cuci piring dan air hangat. Lalu gosok perlahan menggunakan sikat gigi. Bilas sepatu dengan menyeka menggunakan kain halus yang lembab.
  4. Untuk membuat sepatu vinyl atau paten putih mengkilap, gunakan petroleum jelly. Kamu cukup menggosokkan bahan yang satu ini ke seluruh permukaan sepatu menggunakan kain yang lembut.

Baca Juga: UPDATE, 10 Brand Sepatu Lokal Terbaik, Nggak Kalah Keren Sama Import

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm