Ilustrasi posisi badan saat melakukan gerakan meroda dan caranya.
Ilustrasi posisi badan saat melakukan gerakan meroda dan caranya. ( Dok. Kemdikbud)

Posisi Badan saat Melakukan Gerakan Meroda yang Baik dan Benar

23 September 2022 15:35 WIB

Sonora.ID - Gerakan meroda yang disebut juga dengan chartwheel adalah gerak memutar tubuh dari arah samping di mana tumpuan gerakan terletak pada kedua bagian kaki dan tangan.

Tak secara asal, terdapat posisi badan saat melakukan gerakan meroda yang baik dan benar serta harus diikuti sebab ini cukup sulit untuk dilakukan.

Perlu diketahui bahwa gerakan meroda merupakan salah satu senam ketangkasan. Senam ketangkasan sendiri terbagi menjadi tiga jenis gerakan, yakni berdiri dengan kedua tangan, melompati peti, dan tentunya gerakan meroda.

Baca Juga: 11 Jenis Permainan Bola Kecil dan Penjelasan Lengkapnya, Yuk Main!

Posisi Badan saat Melakukan Gerakan Meroda

Adapun posisi badan saat melakukan gerakan meroda yang benar adalah dengan menyamping ke arah gerakan dan ada saat posisi badan yang terbalik dengan kepala berada di bawah.

Prinsip dasar gerakan lengan saat posisi badan terbalik adalah dibuka lebar menyerupai huruf V. Oleh karena itu, gerak meroda sangat ditentukan oleh kemampuan dan bertumpu serta kelenturan otot.

Hal tersebut dijelaskan oleh Tri Minarsih, dkk. dalam buku bertajuk Asyiknya Berolahraga 5 (2010).

Latihan meroda ini dapat dilakukan secara bertahap, mulai dari satu kali gerakan meroda sampai akhirnya kuat dan dapat meningkatkannya sampai menjadi beberapa kali gerakan.

Cara Melakukan Gerakan Meroda

Agar lebih jelas, ketahui cara melakukan gerakan meroda sebagaimana dikutip buku Pendidikan Olahraga dan Rekreasi Paket C Setara SMA/MA Modul Tema 6 milik Kemdikbud berikut ini.

  1. Mula-mula, orang yang akan melakukan gerakan meroda harus berdiri tegak menyamping dengan kedua kaki dibuka sedikit lebar, kedua tangan lurus ke serong atas samping sampai menyerupai huruf V, dan pandangan diarahkan lurus ke depan.
  2. Jatuhkan badan ke samping kiri, letakkan telapak tangan ke samping kiri, kemudian kaki kanan terangkat lurus ke atas. Disusul dengan meletakkan telapak tangan di samping tangan kiri.
  3. Saat kaki kanan diayunkan, maka kaki kiri ditolak pada lantai, sehingga kedua kaki terbuka dan serong ke samping menyerupai bentuk V.
  4. Setelah itu, letakkan kaki kanan ke samping tangan kanan, tangan kiri terangkat, disusul dengan meletakkan kaki kiri di samping kaki kanan.
  5. Badan terangkat, kedua lengan lurus ke atas ke posisi semula.

Baca Juga: 6 Contoh Surat Dinas Resmi yang Baik dan Benar, dengan Struktur

Demikian pembahasan mengenai posisi badan saat melakukan gerakan meroda yang baik dan benar dan juga cara melakukannya. Kamu sudah bisa praktikkan gerakan meroda?

Video Pilihan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm