Deni Kurniadi: Perpustakaan Sumber Ilmu dan Kecerdasan

29 September 2022 15:38 WIB
Kegiatan Peningkatan Indek Literasi di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (29/9/22)
Kegiatan Peningkatan Indek Literasi di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Kamis (29/9/22) ( Istimewa)

Langkat,Sonora.Id - Kecerdasan tidak mesti diperoleh melalui bangku sekolah. Semua hal baik bisa dijadikan cara untuk mencapai kecerdasan, termasuk melalui perpustakaan. Namun, untuk membentuk manusia yang unggul diperlukan budaya baca.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi, ketika membuka kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) yang digelar di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) JM Tanjung Pura, Kamis (29/9/2022).

Membangun sumber daya manusia (SDM) unggul merupakan bagian dari visi perwujudan Indonesia Maju. Arah untuk mencapai ke arah sana tidak mudah. Masyarakat perlu diajak untuk berbudaya baca agar mampu meningkatkan kualitas literasinya.

“Era disrupsi saat ini mengharuskan manusia untuk berpikir kreatif dan penuh inovasi. Hulu dari kemampuan berpikir tersebut diawali dengan kemauan membaca yang kuat. Tanpa bacaan yang kuat, siapa pun tidak akan punya kekuatan berpikir. Perang pemikiran jauh lebih dahsyat daripada perang fisik,” terang Deputi Deni Kurniadi.

Baca Juga: PILM Nias Utara Gencar Dongkrak Potensi Sumber Daya Manusia

Perpustakaan sebagai episentrum ilmu pengetahuan tentua saja memiliki peran krusial bagi kemajuan masyarakat. Kehadiran perpustakaan tidak lagi sekadar tempat membaca, namun juga berlatih keterampilan, mengembangkan potensi diri ," terang Deni.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI, Djohar Arifin Husin menambahkan minat baca di masyarakat khususnya anak-anak harus diperjuangkan juga oleh tenaga pendidik. Institusi sekolah diharapkan bersinergi dengan perpustakaan dalam menumbuhkan budaya baca. Tindakan tersebut, dirasa Djohar akan membantu pembangunan manusia Indonesia.

"Saya menganjurkan untuk memberikan pekerjaan rumah berbentuk hapalan. Minta mereka membaca buku. Sehingga nanti mereka akan senang membaca, hingga kemudian menjadi hobi," jelasnya.

Asisten III Administrasi Umum Kabupaten Langkat, Musti Sitepu, mengatakan bahwa dalam upaya mencerdaskan kehidupan anak bangsa seperti yang diamanatkan dalam UUD 1945, menjadikan perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat, wadah pengembangan potensi masyarakat, hingga bertanggungjawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan nasional.

"Perpustakaan dituntut untuk dapat bertransformasi dan berinovasi agar mampu memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat," pungkas Sitepu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm