26 Ucapan Peringatan G30S PKI, Penghormatan Pahlawan yang Gugur

30 September 2022 10:00 WIB
Ilustrasi Ucapan Peringatan G30S PKI
Ilustrasi Ucapan Peringatan G30S PKI ( Freepik.com)

Sonora.ID - Termasuk dalam momen penting dalam sejarah yang hingga saat ini masih terus diceritakan dan dipelajari oleh siswa yang duduk di bangku sekolah.

Momen G30S PKI adalah salah satu tonggak sejarah yang tidak bisa ditinggalkan karena membawa pengaruh besar pada terbentuknya Bangsa Indonesia, tak sedikit pahlawan yang gugur pada masa bersejarah ini.

Seperti namanya, G30S adalah Gerakan 30 September yang diprakarsai oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Peristiwa ini adalah peristiwa yang sensitif karena merupakan peristiwa pembantaian sejumlah perwira tinggi militer Indonesia yang dibunuh dalam waktu satu malam, tepatnya pada tanggal 30 September sampai 1 Oktober 1965 yang lalu.

G30S PKI ini bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Soekarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis.

Baca Juga: Naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang Dibacakan Setiap 1 Oktober

30 September menjadi tanggal yang penuh sejarah. Berikut ini adalah 26 ucapan peringatan G30S PKI.

  1. Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku.
  2. Jasa pahlawan adalah jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta. Mari kita bangkit bersama, membangun negeri tercinta. 
  3. Sudah cukup negeri ini terkoyak. Biarkan Garuda terbang berkepak. Bersatu lindungi negeri dengan kompak. Menolak lupa G30S PKI.
  4. Pahlawan masa kini adalah pemuda yang tidak galau dengan perubahan zaman, tapi dia yang terus bergerak mencari dan menjadi solusi dan inspirasi bagi masyarakat di sekitarnya. - Imam Nahrawi
  5. Hanya doa dan ucapan terima kasih yang bisa kami berikan bagi pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan sekaligus mempertahankan kedaulatan bangsa.
  6. Hanya doa dan ucapan terima kasih yang bisa kami berikan bagi pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan sekaligus mempertahankan kedaulatan bangsa.
  7. Yang mereka inginkan hanyalah kesempatan untuk berbuat baik bagi orang lain dan dekat dengan Tuhan. - Muhammad Ali
  8. Kita berhutang budi kepada pahlawan revolusi yang rela kehilangan nyawa dalam peristiwa mengerikan G30S/PKI.
  9. Banyak orang menyerahkan nyawa mereka untuk negara kita bernapas hari ini, kita tidak boleh melupakan pengorbanan mereka. 
  10. Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang punya tujuan 'merdeka atau mati'. Mari kita kenang jasa-jasa para pahlawan.
  11. Marilah kita menghormati para pahlawan. Karena tanpa mereka, kebebasan yang kita rasakan sekarang tidak pernah ada.
  12. Bung Karno pernah berkata 'Jas Merah', jangan sekali kali melupakan sejarah. Karena itu, kita haruslah faham bagaimana pengkhianatan dan kekejaman yang dilakukan PKI kepada bangsa indonesia, Cegah Pemikiran PKI.
  13. Mari kita berdiri tegak untuk menunjukkan rasa hormat kepada orang-orang hebat yang wafat karena peristiwa G30S/PKI.
  14. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa jasa para pahlawannya. Mari lanjutkan perjuangan dengan menjadi penggerak kemajuan di Indonesia!
  15. Mari mendoakan para pahlawan revolusi G30S/PKI sebagai bentuk hadiah untuk membalas jasa-jasa mereka. 
  16. Mari kita ramai-ramai mengheningkan cipta, sekaligus mendoakan para pahlawan Indonesia, agar mereka berada di tempat terbaik di alam sana.
  17. Semoga para pahlawan Indonesia yang gugur saat G30S/PKI hidup dalam kedamaian di surga-Nya.
  18. Gerakan 30 September adalah penyiksaan pahlawan sejati yang telah membela negeri. Semoga mereka diberikan tempat yang mulia di sisi-Nya.
  19. Jangan mau terpecah belah dan tergoyahkan. Para pahlawan telah rela kehilangan nyawa demi persatuan Indonesia.
  20. Ada baju warnanya merah, Baru saja aku beli dari Bali, Kisah G30S PKI penuh darah, Semoga tidak akan terulang kembal
  21. Aduhai lezatnya kue talam, Rasanya manis dan renyah di gigi, Kisah G30S PKI begitu kelam, Semoga tidak terulang lagi
  22. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya. Terima kasih wahai para pejuang G30S/PKI, jasamu akan selalu dikenang.
  23. Peringatan G30S/PKI merupakan sejarah kelam yang harus diceritakan bagaimana kejamnya PKI saat itu. 
  24. Doa untuk pahlawan revolusi, korban dari kebiadaban pemberontakan PKI. Mari mengheningkan cipta untuk memperingati peristiwa G30S/PKI.
  25. G30S/PKI merupakan peristiwa kelam yang mengingatkan bagaimana pentingnya sebuah perjuangan mempertahankan kesatuan bangsa.
  26. G30S/PKI merupakan kejadian kelam yang harus kita ingat dan membuat kita lebih waspada akan PKI agar tak terulang kembali.

Baca Juga: Teori di Balik G30S PKI yang Sebenarnya, Ternyata Dalang Soekarno?

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm