8 Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat beserta Strukturnya, Lengkap!

30 September 2022 17:00 WIB
Ilustrasi Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat beserta Strukturnya
Ilustrasi Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat beserta Strukturnya ( Freepik.com)

Sonora.ID - Sejarah adalah kisah masa lalu yang membentuk masa kini yang memberikan jasa untuk kondisi di masa kini bahkan hingga masa depan.

Indonesia termasuk negara yang terus mempelajari dan memperingati sejarahnya karena memang sejarah Indonesia yang luar biasa penuh dengan perjuanganlah yang bisa membuat bangsa ini berdiri di kaki sendiri.

Dikutip dari Gramedia.com, teks cerita sejarah adalah sebuah teks yang memuat mengenai penjelasan atau penceritaan tentang suatu fakta dan peristiwa yang terjadi masa lalu, biasanya digunakan untuk mencari asal usul atau latar belakang munculnya benda atau terjadinya peristiwa, sehingga memiliki nilai sejarah.

Syarat teks cerita sejarah adalah peristiwa dapat memberikan dampak kepada banyak orang, memuat peristiwa yang unik, abadi, dan dianggap penting.

Struktur teks cerita sejarah adalah.

1. Orientasi

Sebagai pengenalan atau pembuka teks dengan menggunakan kalimat deskriptif dan untuk mengenalkan topik kepada pembaca.

2. Urutan peristiwa

Sebagai sebuah rekaman peristiwa sejarah yang terjadi dan dapat disusun urut dan kronologis.

3. Reorientasi

Bersifat opsional atau tidak wajib digunakan. Biasanya digunakan untuk memberikan komentar pribadi terhadap cerita yang disusun.

Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah 9 contoh teks sejarah singkat beserta strukturnya.

1. Terciptanya Instagram

Orientasi:

Siapa yang tidak kenal dengan instagram? Aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mem-filter digital, menambahkan efek, dan mempublikasikan foto tersebut ke berbagai jenis jejaring sosial yang ada termasuk ke dalam jejaring Instagram itu sendiri.

Instagram sendiri terbentuk dari dua kata utama yakni “insta” yang berarti “instan” seperti pada kamera jenis polaroid yang lebih akrab disebut dengan foto instan. Dan kata “gram” mengarah pada kata “telegram” yang cara atau pengaplikasiannya adalah untuk mengirimkan sejumlah informasi pada seseorang dengan sangat cepat.

Urutan Peristiwa:

Burbn, Inc yang merupakan perusahaan startup teknologi yang notabennya hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan aplikasi telepon genggam berdiri pada sekitar tahun 2010 lalu.

Pada mulanya Burbn, Inc sendiri berfokus pada pendalaman seluruh fungsi bahasa pemrograman yakni HTML5. Namun seiring berjalannya waktu, Mike Krieger dan Kevin Systrom selaku CEO dari perusahaan ini memilih untuk berfokus hanya pada satu hal saja.

Seminggu lamanya mereka berusaha membuat ide ide yang mungkin dapat mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil menciptakan versi pertama dari Instagram, namun seperti pada prototype pada umumnya, versi awal dari Instagram ini masih memiliki banyak sekali kelemahan dalam segala sistemnya.

Setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan versi Burbn (Instagram) ini akhirnya sudah dapat diuji coba dengan menggunakan perangkat iphone. Namun tetap saja dirasa memiliki banyak sekali fitur yang tidak terkategori dengan baik.

Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang seluruh fitur yang ada dan memulai semuanya dari awal. Akhirnya Mike dan Kevin memilih untuk berfokus hanya pada fitur foto, berkomentar dan menyukai foto saja. Inilah kerangka awal terbentuknya jejaring sosial Instagram saat ini.

Pada tahun 2012 tepatnya tanggal 09 April diumumkan sebuah berita besar yakni saham dan kepemilikan Instagram akan diambil alih oleh Mark Zuckerberg selaku pemilik Facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 miliar dollar.

Reorientasi:

Instagram saat ini telah banyak diminati baik tua maupun muda. Penggunaan yang mudah dan fitur yang terkesan canggih membuat Instagram semakin populer dari tahun ke tahun. Dengan jejaring sosial Instagram ini kita dapat mengetahui segala aktivitas teman teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka.

Baca Juga: 6 Contoh Teks Cerita Inspiratif beserta Strukturnya, Materi Kelas 9

2. Uni Eropa

Orientasi

Salah satu organisasi pemerintahan dengan skala yang cukup besar dan cukup dikenal adalah Uni Eropa. Organisasi ini adalah sebuah organisasi antar pemerintahan dan supranasional antar negara-negara di benua Eropa. Saat ini ada sekitar lebih dari 25 negara yang ada di benua Eropa menjadi bagian dari Uni Eropa.

Uni Eropa pertama kali dibentuk pada tanggal 1 November 1993. Organisasi ini bermula dari organisasi bernama European Coal and Steel Community (ECSC), yang kemudian berubah menjadi European Community (EC). Dari European Community inilah yang selanjutnya mengalami perubahan nama menjadi European Union (EU). Perubahan nama itu disahkan  melalui penandatanganan perjanjian Maastricht.

Urutan Peristiwa

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm