Sholawat Nuril Anwar: Arab, Latin, Terjemahan Serta Keistimewaannya

5 Oktober 2022 10:00 WIB
(Ilustrasi) Sholawat Nuril Anwar: Arab, Latin, Terjemahan Serta Keistimewaannya
(Ilustrasi) Sholawat Nuril Anwar: Arab, Latin, Terjemahan Serta Keistimewaannya ( Tribun)

Sonora.ID - Inilah lirik sholawat Nuril Anwar lengkap dengan tulisan Arab, latin, terjemahan bahasa Indonesia hingga keistimewaannya.

Sholawat Nuril Anwar dibuat oleh Al-Imam Al-Quthb Asy-Syaikh Ahmad bin ‘Ali bin Yahya Al-Husaeni Al-Badawi r.a.

Sholawat ini memiliki keistimewaan dan manfaat bagi siapa saja yang rutin membacanya. 

Untuk itu umat Islam perlu membacanya di sela-sela waktunya setiap hari karena manfaatnya yang luar biasa.

Baca Juga: Lirik Sholawat Al Badru Katal Atihi (Mawlaya) dari Maher Zein, Arab, Latin dan Terjemahan Lengkap!

Berikut bacaan sholawat Nuril Anwar lengkap dengan tulisan Arab, latin dan terjemahan bahasa Indonesia.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى نُوْرِ اْلاَنْوَارِ وَسِرِّ اْلاَسْرَارِ وَتِرْيَاقِ اْلاَغْيَارِ وَمِفتَاحِ بَابِ الْيَسَارِ سَيِّدِنَا وَمَوْلاَنَا مُحَمَّدِ نِالْمُخْتَارِ وَالِهِ اْلاَطْهَرِ وَاَصْحَابِهِ اْلاَخْيَارِ عَدَدَ نِعَمِ اللّهِ وَاِفضَالِهِ

Allahumma sholli ‘ala nuril anwar wa sirril asrar wa tiryaqil aghyar wa miftahi babil yasar sayyidina wa maulana muhammadinil mukhtar wa alihil ath-har wa ash-habihil akhyar ‘adada ni’amillahi wa ifdhalih.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, rahasia dari segenap rahasia, penawar duka dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya.”

Keistimewaan Membaca Sholawat Nuril Anwar

Dilansir Tribun Surabaya, dalam buku Mukjizat Shalawat Oleh Habib Abdullah Assegaf, ada beberapa keistimewaan dan manfaat sholawat Nuril Anwar.

  1. Jika seseorang membaca sholawat ini setiap selesai sholat fardhu, maka terhindar dari segala bahaya dan memperoleh rezeki dengan mudah
  2. Jika dibaca 100 kali sehari semalam, maka mendapat rezeki lahir dan batin. Selain itu, manjur untuk datangkan segala hajat, menolak bencama dan mendapat cahaya ilahi.
  3. Jika dibaca sebanyak 7 kali setiap akan tidur, akan terhindar dari sihir yang dilakukan orang jahat.
  4. Jika menginginkan jabatan atau kedudukan, hendak membacanya sebanyak 21 kali setiap berangkat kerja.

Sementara itu, bacaan sholawat Nabi secara umum memiliki keutamaan. Salah satunya memberikan tuntunan bagi umat Islam ke jalan yang benar.

Dari Ibnu Abbas, ia berkata," Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa lupa bersholawat kepadaku, maka ia akan salah menempuh jalan ke surga'."

Dalam Al-Qur'an Surat Al-Ahzab ayat 56, Allah SWT berfirman tentang anjuran membaca sholawat.

                                                       إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا 

Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Menurut Al Hafizh As Syarji dalam kitab Irsyadul Ibad, sholawat merupakan dzikir yang paling mudah namun besar pahalanya. Sehingga umat Muslim dapat membacanya sebagai doa.

"Sesungguhnya doa itu berhenti antara langit dan bumi, tiada naik barang sedikit juga dari padanya sehingga engkau bersholawat atas Nabimu." (HR. Tirmidzi)

 Baca Juga: Lirik Sholawat 'Ahmad Ya Habibi' Versi Sabyan Gambus Lengkap Latin dengan Terjemahan Bahasa Indonesia

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm