Cegah Imun Tubuh Menurun di Musim Pancaroba? Gunakan Empat Bahan Ini!

12 Oktober 2022 11:10 WIB
madu dikenal sebagai bahan yang baik untuk kesehatan tubuh
madu dikenal sebagai bahan yang baik untuk kesehatan tubuh ( pixabay)

Sonora.ID – Cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini atau kerap disebut musim pancaroba, memiliki dampak bagi kesehatan. Hujan deras yang tiba-tiba di saat cuaca terlihat cerah, ataupun angin kencang yang sesekali datang meskipun tidak ada tanda-tanda badai, tak jarang membuat badan mudah sakit.

Mulai dari flu, demam, batuk dan pilek, hingga ancaman virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh lainnya, seringkali membuat kita kewalahan hingga sulit beraktivitas.

Jika gejala sakitnya masih tergolong ringan, sebenarnya masih bisa kita obati dengan bahan-bahan alami, loh. Tentunya jika tidak ada indikasi yang mengharuskan kita untuk mendapatkan perawatan dari dokter, ya.

Bahan-bahan alami berikut ini juga sudah terkenal ampuh untuk meningkatkan lagi daya tahan tubuh yang turun akibat sakit, sehingga pemulihan pun jadi lebih cepat.

Baca Juga: Waspada Cacar Monyet, Kadis Kesehatan Kalbar Imbau Masyarakat Hidup Bersih dan Jaga Imun Tubuh

1. Madu

Sudah sejak lama, madu dikenal sebagai bahan makanan yang tergolong super karena khasiatnya. Tak hanya sebagai campuran masakan, madu juga kerap jadi salah satu bahan campuran obat-obatan herbal sejak zaman dulu.

Kandungan antibakteri dan antioksidan yang ada di dalamnya, membuat madu ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan dan mempercepat penyembuhan pada flu. Mengonsumsi satu sendok teh madu tiap pagi dapat membantu tubuh meraih kembali kekebalannya. Atau dapat dicampur ke dalam air hangat bersama dengan potongan lemon, agar rasanya juga lebih segar. Tapi perlu diingat, madu hanya boleh dilarutkan dalam air hangat dan tidak boleh air mendidih untuk menjaga kandungan nutrisinya.

2. Jahe

Kandungan ekspektoran dan sifatnya yang anti-inflamasi pada jahe dikenal dapat mengatasi pilek dengan cepat. Karena rasanya yang agak pedas, bisa dicampur ke dalam teh atau minuman hangat lainnya, seperti teh lemon madu jahe untuk mengatasi hidung yang mampet atau berair.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm