Tingkatkan Kompetensi Guru TIK di Kota Sorong, BAKTI Kominfo Gelar Kelas Literasi Digital

12 Oktober 2022 11:55 WIB
Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru TIK di Kota Sorong, BAKTI Kominfo membuka kelas literasi digital
Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru TIK di Kota Sorong, BAKTI Kominfo membuka kelas literasi digital ( Tim Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika  )

Sorong, Sonora.ID - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI Kominfo) berkolaborasi dengan Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Pusdatin Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Guru di Wilayah 3T”.

Kegiatan dilaksanakan secara luring di Swiss-Bel Hotel, Kota Sorong pada 26-30 September 2022 dan dihadiri oleh 80 Guru di Kota Sorong. Dalam rangkaian bimbingan teknis (bimtek) ini, turut diselenggarakan Kelas Literasi Digital yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang digital untuk menunjang layanan pendidikan di wilayah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Kegiatan dibuka oleh Sundoro selaku staff dari Pusdatin Kemendikbud yang menyampaikan apresiasi terhadap kolaborasi antara Kemenkominfo dan Kemendikbud dalam rangka mewujudkan transformasi digital. Banyak manfaat yang diperoleh dengan adanya transformasi digital, termasuk kemudahan dalam mengakses platform buatan Kemendikbud untuk masyarakat. 

Baca Juga: Kemenkominfo Gelar Literasi Digital bagi ASN Provinsi Banten

“Platform yang saat ini sering kita gunakan yakni platform Merdeka Mengajar, platform sumber daya sekolah, akun pembelajaran belajar.id yang tentunya sangat membantu sekali dalam proses belajar mengajar,” ungkap Sundoro.

Dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar, terdapat 6 (enam) strategi untuk penguatan komunitas belajar bagi pendidik yang berpusat pada komunitas belajar bagi pendidik, yaitu melakukan sosialisasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) secara masal, mengikuti seri webinar yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan daerah, melakukan pengelolaan komunitas belajar di satuan pendidikan, di tingkat daerah, dan komunitas dalam jaringan.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 yang lalu, didapatkan skor atau tingkat kapasitas Literasi Digital masyarakat Indonesia sebesar 3.49 dari 5.00. Berdasarkan skor tersebut, tingkat literasi digital di Indonesia berada dalam kategori “sedang”. 

Kegiatan literasi digital merupakan salah satu inisiasi Kemenkominfo dalam mempercepat transformasi digital di lingkungan sekolah melalui para guru menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Kemenkominfo Memberikan Bekal Literasi Digital untuk Guru di Wilayah 3T

Pada bimtek ini, Kemenkominfo turut menyajikan kelas Literasi Digital bagi para guru TIK. Kelas diisi oleh Mira Sahid selaku Wakil Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm