19 Contoh Cerita Rakyat yang Populer di Indonesia, dengan Penjelasan

13 Oktober 2022 11:00 WIB
Cerita Rakyat yang Populer di Indonesia / Timun Mas
Cerita Rakyat yang Populer di Indonesia / Timun Mas ( www.gramedia.com)

Sonora.ID - Ada banyak peninggalan sejarah yang masih dijaga dan diturunkan di masyarakat Indonesia, salah satunya adalah peninggalan cerita rakyat yang mengandung nilai moral dan pesan yang masih relevan hingga saat ini.

Dikutip dari Gramedia.com, cerita rakyat adalah kisah yang diangkat dari budaya di sekitar masyarakat tinggal. Ini adalah salah satu alasan mengapa cerita rakyat sudah dan terus berkembang di tengah kehidupan masyarakat sejak dahulu.

Cerita rakyat adalah sebuah cerita yang didalamnya berisi kisah yang berasal dari masa lalu.

Isi dari cerita tersebut adalah asal-usul sesuatu, suatu tempat, seorang tokoh atau manusia, hewan-hewan, benda, bahkan hal-hal gaib sekali pun. Banyak hal yang bisa dijadikan sebagai cerita rakyat.

Baca Juga: Pengertian dan 5 Contoh Cerita Rakyat, Sudah Pernah Anda Dengar?

Berikut ini adalah contoh cerita rakyat yang populer di Indonesia.

1. Timun Mas

Alkisah, hiduplah seorang janda tua sendirian bernama Sarni. Suatu hari ia pergi ke hutan untuk mencari kayu. Tapi, ia bertemu dengan raksasa yang menginginkan seorang anak untuk santapannya. Lalu, Sarni mengatakan ia tidak memiliki anak sehingga raksasa memberikan biji timun dan mengatakan bahwa ia akan memiliki anak nantinya. Dan, Sarni harus memberikan anaknya saat berumur 6 tahun.

Setelah 2 minggu kemudian, salah satu mentimun tersebut terlihat sangat besar. Sarni membelahnya dan menemukan seorang bayi perempuan. Ia akhirnya hidup dengan anak perempuan berparas cantik bernama Timun Mas. Suatu hari, raksasa datang untuk menagih janji dan Sarni mencegahnya dengan beralasan semakin dewasa maka akan semakin enak rasanya. Raksasa akhirnya menyetujui pernyataan Sarni.

Saat itu, Sarni bermimpi bahwa anaknya, Timun Mas diminta untuk menemui petapa di gunung dan Timun Mas akhirnya menemui petapa dan mendapatkan empat buah bungkusan kecil berupa biji mentimun, jarum, garam, dan terasi. Timun Mas diminta untuk melemparkan satu per satu apabila dikejar oleh raksasa. Ketika raksasa kembali untuk mengambil Timun Mas, Sarni pun menawarkan untuk disantap karena tidak mau kehilangan anak yang telah dibesarkannya.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm