Lahan Subur Tanah Mempawah Potensi Besarkan Sorgum

16 Oktober 2022 16:45 WIB
 Kerjasama bilateral Koperasi Konsumen Batas Negeri Indonesia, Pontianak Kalbar dengan Kelompok Tani Hutan Tri Karya Desa Sungai Rasau Kecamatan Sungai Pinyuh berbuah manis
Kerjasama bilateral Koperasi Konsumen Batas Negeri Indonesia, Pontianak Kalbar dengan Kelompok Tani Hutan Tri Karya Desa Sungai Rasau Kecamatan Sungai Pinyuh berbuah manis ( Prokopim Mempawah)

Pontianak, Sonora.ID - Kerjasama bilateral Koperasi Konsumen Batas Negeri Indonesia, Pontianak Kalbar dengan Kelompok Tani Hutan Tri Karya Desa Sungai Rasau Kecamatan Sungai Pinyuh berbuah manis.

Disaksikan langsung Wakil Bupati Mempawah Muhammad Pagi, hasil perdana uji coba tanaman pertanian Sorgum di lahan seluas kurang lebih 3 hektar berhasil dipanen. Bertempat di lahan gambut Jl. Tani Desa Sungai Rasau, Jumat (14/10/2022).

Sebelumnya, di daerah lain di Kabupaten Mempawah juga telah terbukti tanaman Sorgum yang dibudidayakan dipanen maksimal. Decak kagum juga syukur terlihat dari para petani terlebih Wabup Mempawah.

Baca Juga: Lirik Lagu Tanah Airku - Kotak, Lengkap dengan Makna dan Chord Lagu

Saat panen dilakukan bersama pihak Koperasi, Kades Asmadi, Camat Sungai Pinyuh Ibrahim serta para petani dan pihak lainnya ia berdiskusi terkait cara tanam hingga keunggulan yang memang dinilai sangat menguntungkan dan lebih sehat dibanding tanaman karbohidrat lainnya.

"Ternyata tanaman Sorgum yang penampakannya seperti tanaman jagung ini jauh berbeda, selain mudah ditanam karena tanah disini sangat subur, Sorgum dapat dipanen berkali- kali pada 1 batangnya. Tunas akan kembali muncul baik langsung dari patahan batang sisa panen maupun dari tunas dipangkal tanaman Sorgum," ucap Wabup berdecak kagum.

Ia juga menilai bahwa sosialisasi terkait tanaman Sorgum harus gencar dilakukan. Sehingga masyarakat juga mendapat alternatif karbohidrat yang semakin sehat.

Baca Juga: Akomodir BBM Nelayan Pagatan, Bang Dhin Minta Pertamina Hadirkan SPBN


Pada saat yang sama juga dilakukan penanaman tanaman hutan lainnya seperti Jengkol, Petai dan Matoa.

Kades Sungai Rasau Asmadi bersyukur bahwa Sorgum uji coba yang ditanam 3 bulan sebelumnya telah berhasil dipanen dengan hasil yang memuaskan.

Ia berharap nantinya di lahan dengan total 10 hektar dapat ditanami Sorgum dan dapat meningkatkan kesejahteraan petani setempat.

Ketua Koperasi Konsumen Batas Negeri Indonesia Pontianak Kalbar, Wahyu Widayati pada kesempatan tersebut juga membeberkan langsung produk turunan Sorgum yang ia bawa.

Ia berharap akan semakin banyak petani Sorgum di Kabupaten Mempawah sehingga bahan baku tersedia dan dapat diolah maksimal dengan pangsa pasar yang menjanjikan.

Diketahui bahwa potensi panen tanaman Sorgum di lahan seluas 1 hektar dapat mencapai 10 ton.

Dengan minimnya hama tanaman, keunggulan dari sisi kesehatan serta turunan Sorgum yang dapat diolah menjadi berbagai jenis pangan mulai dari tepung Sorgum, popcorn Sorgum hingga "Dedak" (makanan unggas), menjadikan Sorgum sangat patut dipertimbangkan.

Baca Juga: Hindari Kecurigaan, Pajak BPHTB di Banjarmasin Bisa Secara Online


PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm