Ciri-ciri Teks Anekdot, Tujuan, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan

18 Oktober 2022 16:00 WIB
Ilustrasi Ciri-ciri Teks Anekdot, Tujuan, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan
Ilustrasi Ciri-ciri Teks Anekdot, Tujuan, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan ( Freepik.com)

Sonora.ID - Bukan hanya negara dan tanah Indonesia yang kaya, tetapi Bahasa Indonesia juga memiliki kekayaan, tak heran jika pada saat sekolah kita belajar mengenai berbagai macam jenis teks, termasuk salah satunya adalah teks anekdot.

Dikutip dari Gramedia.com, teks anekdot adalah sebuah cerita atau kisah yang mengandung sifat lucu dan memiliki banyak maksud yang biasanya digunakan untuk menyampaikan kritik.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya membahas orang penting atau terkenal dan tentunya berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Ciri-ciri teks anekdot

  1. Menghibur dan membuat tertawa, hal ini berarti teks anekdot memuat beragam kisah lucu atau humor.
  2. Memiliki sifat menggelitik, berarti teks anekdot dapat membuat setiap orang yang membacanya akan merasa terhibur dengan kisah lucu yang terdapat di dalam teks.
  3. Memiliki sifat menyindir, dalam beberapa kisah teks anekdot ditemukan banyak yang dipakai sebagai media untuk menyindir sesuatu, baik itu orang maupun kelompok. Oleh karena itu, teks anekdot bisa juga dibilang sebagai media untuk mengkritik suatu peristiwa yang sedang terjadi.
  4. Bisa jadi mengenai orang penting, karena tidak aturan yang ketat untuk membuat teks anekdot, hal ini menjadikan teks ini biasa digunakan untuk membahas orang-orang penting.
  5. Punya tujuan tertentu, tidak seperti teks yang lain, teks anekdot lebih fleksibel untuk dibentuk sesuai keinginan dari penulis. 
  6. Kisah cerita yang disajikan hampir menyerupai dongeng, orang yang hendak menulis membuat sebuah cerita lain yang sebenarnya berhubungan dengan kehidupan saat ini.
  7. Tentang karakter hewan dan manusia sering terhubung secara umum dan realistis.

Baca Juga: Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Observasi, Materi Bahasa Indonesia Lengkap!

Dengan ciri tersebut, berikut ini adalah tujuan teks anekdot.

  1. Membuat pembaca tertawa, maka dibutuhkan kemampuan dalam memahami selera humor yang sesuai dengan suatu keadaan.
  2. Hiburan, tak sedikit orang yang terhibur dengan membaca teks tersebut.
  3. Sarana kritik, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, biasanya ada makna tersirat di balik teks anekdot yang bertujuan menyampaikan kritik dan pemikiran sang penulis.

Dalam penulisannya, teks anekdot memiliki aturan atau struktur yang perlu diperhatikan agar tujuan teks tersebut tercapai.

Berikut ini adalah struktur teks anekdot.

  1. Abstrak

Bagian pertama dari teks anekdot adalah abstrak. Bagian ini terdapat di bagian awal paragraf, yang digunakan untuk memberikan gambaran awal.

  1. Orientasi

Biasanya berisi awal kejadian sebuah cerita. Orientasi juga bisa disebut sebagai bagian untuk menjelaskan latar belakang dari sebuah peristiwa utama yang terjadi.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm