Doa Mengusir Semut Nabi Sulaiman Menurut Islam, Tak Perlu Dibunuh

19 Oktober 2022 15:20 WIB
Ilustrasi doa mengusir semut Nabi Sulaiman menurut Islam.
Ilustrasi doa mengusir semut Nabi Sulaiman menurut Islam. ( Pixabay/ROYal Studios)

Sonora.ID - Simak pembahasan mengenai doa mengusir semut menurut Islam yang diajarkan oleh Nabi Sulaiman tanpa harus membunuhnya.

Semut adalah salah satu hewan yang hidup berkelompok dan mungkin terkadang mengganggu karena mengerumuni makanan atau minuman di rumah.

Bahkan terkadang, meski sudah ditutup dengan rapat, makanan yang ada tetap digandrongi serangga sosial itu.

Beberapa orang mungkin menggunakan cara tertentu seperti menggunakan kapur barus atau bahkan membunuhnya hingga membakar sarangnya.

Akan tetapi, dalam Islam yang mengacu pada hadits, membunuh semut tidaklah diperbolehkan. Dilansir dari NU Online, berikut bunyi haditsnya.

نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى الله عَليْهِ وسَلَّمَ عَنْ قَتْلِ الصُّرَدِ ، وَالضِّفْدَعِ ، وَالنَّمْلَةِ ، وَالْهُدْهُدِ

“Rasulullah SAW melarang membunuh burung shurad, kodok, semut dan burung hud-hud” (HR. Ibnu Majah).

Nah, maka dari itu, bila Anda memang terganggu dengan kehadiran semut, berikut doa mengusir semut Nabi Sulaiman yang bisa dilafalkan dikutip dari Tribun Palembang.

"Assalamualaikum rakyat Nabi Sulaiman, ini rumahku karena aku ingin membersihkan tempat yang menjadi rumahmu. Kamu adalah makhluk Allah, buatlah sarangmu di luar rumahku agar kamu selamat."

Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kita mengacu pada pedoman hadits dan Al-Qur'an, termasuk dalam urusan mengusir semut ini.

Menilik Al-Qur'an surat Al-Isra ayat 44, dijelaskan bahwa setiap makhluk di muka bumi ini dan semua yang ada di dalamnya, termasuk semut, bertasbih pada Allah.

تُسَبِّحُ لَهُ السَّمٰوٰتُ السَّبْعُ وَالْاَرْضُ وَمَنْ فِيْهِنَّۗ وَاِنْ مِّنْ شَيْءٍ اِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهٖ وَلٰكِنْ لَّا تَفْقَهُوْنَ تَسْبِيْحَهُمْۗ اِنَّهٗ كَانَ حَلِيْمًا غَفُوْرًا
 
Artinya:
 
"Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tidak ada sesuatu pun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu tidak mengerti tasbih mereka. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun." (Q.S. Al-Isra: 44).
 

Baca Juga: Arti Sakinah Mawaddah Warahmah, Doa Tulus untuk Pernikahan Langgeng

Demikian pembahasan mengenai doa mengusir semut Nabi Sulaiman menurut Islam. Semoga bermanfaat!

Baca berita update lainnya di Sonora.id dari Google News
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm