Contoh Teks Pidato Peringatan Hari Santri Singkat dan Beragam Tema

21 Oktober 2022 11:09 WIB
Contoh teks pidato Hari Santri Nasional.
Contoh teks pidato Hari Santri Nasional. ( Pixabay)

Sonora.ID - Seperti yang telah kita ketahui bersama tepat pada tanggal 22 Oktober yang jatuh pada esok hari masyarakat Indonesia akan merayakan peringatan Hari Santri Nasional.

Peringatan Hari Santri Nasional yang pada tahun 2022 ini mengusung tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan ini rencananya akan dirayakan serentak dengan menggelar upacara tepat pada pukul 08.00 WIB.

Bagi Anda yang akan bertugas untuk menyampaikan pidato atau mengikuti lomba pada peringatan esok, Anda dapat menyimak kumpulan contoh teks pidato peringatan Hari Santri berikut ini sebagai bahan referensi.

Baca Juga: 30 Ucapan Maulid Nabi Untuk Sambut Hari Kelahiran Rasulullah SAW

Contoh Teks Pidato Peringatan Hari Santri

1. Peran Santri Untuk Negeri

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,

Tepat hari ini kita memperingati Hari Santri Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 22 Oktober.

Peringatan ini sudah selayaknya kita gunakan untuk merefleksi diri dan memperkuat peran santri untuk menegakkan tonggak bela agama dan bela negara dalam menjaga keutuhan negara Indonesia.

Mengapa harus santri?

Selain santri telah terbukti pernah menjadi bagian dalam perlawanan terhadap penjajah dan menjaga negara agar tetap utuh, santri juga memiliki ciri khas karakter yang sesuai dengan spirit menjaga keutuhan negara Indonesia.

Karakter santri yang cerdas, saleh, memiliki sikap toleransi tinggi seperti inilah yang harus selalu dilestarikan.

Melalui pesantren, pendidikan yang diajarkan kepada santri tidak melulu kitab kuning, tetapi santri juga telah ditanamkan cara bermuamalah baik secara individu maupun sosial. 

Di sisi lain, bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa santri yang menempuh pendidikan selama 24 jam telah ditanamkan rasa kepedulian sosial yang tinggi. 

Contohnya, membawa teman yang sakit ke klinik, bersih-bersih bersama, melaksanakan salat berjemaah dan lain-lain.

Hal-hal yang mereka pelajari di lingkungan pesantren itulah yang bisa menjadi bekal para santri dalam untuk turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca Juga: Perbedaan Infak dan Sedekah, Yuk Pelajari dan Pahami Bersama!

Santri untuk negeri!

Sejak dahulu, santri sudah menegaskan bahwa mereka akan terus ambil bagian dalam pembangunan negeri.

Maka, santri harus selalu menegaskan komitmen dirinya bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dan itu sudah final dari perjuangan umat Islam.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm