Perguruan Tinggi Amerika Kembangkan Jejaring Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia melalui IISMA

21 Oktober 2022 12:10 WIB
Perguruan Tinggi Amerika Kembangkan Jejaring Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia melalui IISMA
Perguruan Tinggi Amerika Kembangkan Jejaring Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia melalui IISMA ( Humas Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek)

Sonora.ID - Salah satu Perguruan Tinggi Luar Negeri mitra program Indonesian International Student Mobility Award atau dikenal dengan IISMA di Amerika, University of California Davis atau UC Davis, mendapatkan kesempatan untuk Courtesy Meeting dengan Kemendikbudristek.

Suatu kehormatan bagi Delegasi UC Davis bertemu langsung dengan para top management di Kemendikbudristek pada tanggal 14 Oktober 2022.

Hadir dalam kesempatan tersebut Jacob Havier sebagai Director of Global Affairs, Anneli Adams sebagai Associate Dean, Michele sebagai Provost UC Davis yang diterima oleh Staf Khusus Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (SKM) Pramoda Dei Sudarmo dan didampingi oleh A. N. Jessica Tenaga Ahli SKM, Ketua Program IISMA Rachmat Sriwijaya dan Koordinator IISMA Kawasan Amerika Lulu Farida di ruang rapat Mendikbudristek, serta melalui teleconference hadir Staf Ahli Mendikbudristek Jony Oktavian dan Plt. Dirjen Dikti Nizam.

Baca Juga: Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Gernas Bangga Buatan Indonesia

Jacob menyampaikan banyak terima kasih kepada IISMA sebagai jembatan pengembangan jejaring kerja sama antara UC Davis dengan Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Sebelumnya kami hanya memiliki 5 (lima) perguruan tinggi mitra di Indonesia dan hampir saja hanya sekedar Sleeping MoU, tetapi dengan IISMA kami memiliki 10 perguruan tinggi mitra baru yang berkomitmen untuk mengimplementasikan kegiatan pada tahun 2023. Kami akan bertemu Universitas Islam Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Airlangga, dan Universitas Gadjah Mada pada tanggal 17 Oktober 2022 untuk penjajakan kerja sama selanjutnya”, ungkap Jacob.

Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan salah satu gebrakan dari Mendikbudristek Nadiem Makarim. Diungkapkan oleh Plt. Dirjen Dikti, Nizam, IISMA merupakan satu-satunya program flagship MBKM yang mengirimkan ribuan mahasiswa melaksanakan kegiatan di luar kampus pada prodi yang berbeda di Perguruan Tinggi Luar Negeri.

“Dalam dua tahun ini, para Rektor di Perguruan Tinggi selalu menyebutkan capaian jumlah mahasiswanya yang mengikuti IISMA sebagai bagian dari prestasi perguruan tinggi tersebut”, tutur Nizam saat membuka acara pertemuan dengan delegasi UC Davis.

UC Davis merupakan 1 (satu) dari 6 (enam) Perguruan Tinggi di Amerika Serikat yang menjadi mitra penyelenggara program IISMA sejak tahun 2021.

Baca Juga: Merespons Tantangan Penguasaan Teknologi Pembelajaran Lewat Program PembaTIK tahun 2022

IISMA memberikan full scholarship bagi seluruh awardee dan untuk mendapatkan beasiswa ini, yang harus bersaing dengan 7501 pendaftar pada tahun 2022. Ketua Program IISMA Rachmat Sriwijaya menyampaikan tahun ini kami hanya mengirimkan 1155 peserta ke 72 host universities.

Dukungan dari Kedutaan Amerika pada kegiatan IISMA juga sangat terasa bagi IISMA. Rachmat Sriwijaya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lunch meeting yang diselenggarakan oleh US Embassy tanggal 13 Oktober 2022 di Hotel Hyatt Park dengan 23 Perguruan Tinggi dari Amerika serta mendapatkan kesempatan untuk mengenalkan IISMA pada Forum Connect and Collaboration yang diselenggarakan US Embassy dan USAID pada tanggal 18 Oktober di Hotel Century Park yang dihadiri oleh 10 Perguruan Tinggi dari Amerika dan 58 Perguruan Tinggi Indonesia.

“Hal ini tentu menjadi catatan penting bagi program IISMA unutk terus meningkatkan jumlah mitra dengan kualitas yang terus akan dijaga. Kami juga diminta untuk mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh US Embassy esok Sabtu tanggal 22 Oktober di Hyatt Park” ujar Rachmat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm