5 Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba Singkat dan Penjelasannya

24 Oktober 2022 13:12 WIB
Contoh pidato persuasif tentang narkoba.
Contoh pidato persuasif tentang narkoba. ( Pixabay)

Sonora.ID - Materi bahasa Indonesia kali ini kita akan mempelajari mengenai pidato persuasif. Pidato persuasif diketahui merupakan bagian eksposisi.

Seperti yang kita ketahui eksposisi diciptakan untuk meyakinkan pembaca dengan menyajikan sebuah argumen dari satu sudut pandang.

Sementara itu, menurut buku Bahasa Indonesia Untuk SMP/MTs Kelas IX Edisi Revisi 2018 pidato persuasif diartikan sebagai suatu seni untuk mengungkapkan pendapat dengan logis dan memiliki tujuan guna meyakinkan pembaca atau pendengar untuk melakukan sesuatu hal.

Sebuah teks pidato persuasif ini pun biasanya mengandung tiga bagian atau struktur, yakni pernyataan posisi, tahap argumen, dan penguatan pernyataan posisi.

Terkait dengan tema pidato persuasif ini pun ada berbagai macam. Salah satunya adalah pidato persuasif tentang bahaya narkoba yang selalu mengajak para pembaca atau pendengarnya untuk menjauhi obat-obatan terlarang tersebut.

Berikut ini pun kumpulan contoh pidato persuasif tentang narkoba yang dapat Anda jadikan sebagai referensi.

Baca Juga: 40 Ucapan Hari Dokter Nasional 2022 yang Diperingati Serentak Hari Ini

Contoh Pidato Persuasif Tentang Narkoba

1. Contoh 1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Ibu kepala sekolah yang saya hormati,

Bapak dan Ibu guru yang saya cinta, serta teman-teman sekalian yang saya banggakan. 

Marilah kita bersama-sama panjatkan puji dan syukur atas ke hadirat Allah SWT karena atas karunia-Nya kita bisa berkumpul di lapangan ini. 

Pada pagi yang cerah ini, saya akan menyampaikan pidato singkat yang bertema tentang bahaya Narkoba.

Di Indonesia orang yang memakai narkoba sangat banyak. Pengguna Narkoba kebanyakan anak remaja atau anak sekolah. Kita sebagai generasi muda Indonesia jangan pernah menggunakan Narkoba atau terpengaruh oleh ajakan orang yang menggunakan narkoba.

Narkoba dapat membuat pemakai menjadi kecanduan karena mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu, agar kita terhindar dari Narkoba ikutilah organisasi sosial yang bernilai positif, tidak bergaul dengan orang-orang yang menggunakan Narkoba dan jangan terpengaruh oleh ajakan atau rayuan orang yang menggunakan narkoba.

Jika kita menggunakan narkoba bahkan sampai menjadi kecanduan dampaknya terlihat dari perilaku yang berubah, gangguan kesehatan, dan bahkan bisa menyebabkan kematian karena narkoba mengandung bahan-bahan berbahaya seperti zat adiktif dan bahan-bahan lainnya.

Oleh karena itu, kembali saya tekankan jangan pernah menggunakan narkoba karena narkoba lebih banyak menimbulkan hal negatif daripada hal positif.

Marilah remaja putra dan putri bangsa mulai dari sekarang hindari Narkoba. Mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar nanti bisa menjadi orang yang sukses.

Demikian pidato yang saya sampaikan. Jika ada kesalahan saya mohon maaf. Saya mengucapkan terima kasih untuk para hadirin sekalian yang telah berkenan memberikan kesempatan ini pada saya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: 30 Poster Hari Diwali (Deepavali) 2022 Untuk Memeriahkannya di Medsos

2. Contoh 2

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Para hadirin yang saya hormati,

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang masih memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat bertemu di tempat ini.

Terima kasih saya ucapkan kepada hadirin karena telah memberikan saya kesempatan untuk mengemukakan pidato tentang bahaya Narkoba di ruangan ini.

Seperti yang kita ketahui, narkoba adalah salah satu zat adiktif yang dapat membahayakan bagi yang menggunakan.

Narkoba atau zat adiktif lainnya mengacu pada sekelompok zat yang dapat menyebabkan kecanduan bagi para pengguna.

Narkoba terdiri dari psikotropika, Narkotika, dan zat adiktif lainnya. Efek dari pemakaian narkoba dapat mengakibatkan seseorang berhalusinasi tentang benda atau sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

Narkoba juga dapat mengakibatkan kerusakan organ tubuh seperti jantung, ginjal, paru-paru, dan organ tubuh lainnya. 

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm