Nelayan Temukan Satwa Dilindungi Tak Bernyawa di Perairan Kendawangan

26 Oktober 2022 14:16 WIB
foto finless porpoise, mamalia laut unik yang ditemukan mati di perairan Dusun Kelapa Enam, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Minggu (23/10).
foto finless porpoise, mamalia laut unik yang ditemukan mati di perairan Dusun Kelapa Enam, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Minggu (23/10). ( Dok.CempedakJaya. #WeBe/okf22)

Ketapang, Sonora.ID - Seorang nelayan menemukan finless porpoise, mamalia laut unik di perairan Dusun Kelapa Enam, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten
Ketapang, Kalimantan Barat, Minggu (23/10). 

Sayangnya, satwa dilindungi itu ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa. Hal ini terungkap dari laporan Hartono, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cempedak Jaya yang selama ini rutin bertugas melakukan monitoring dugong di sekitar Kawasan Konservasi Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (KKP3K) Taman Pulau Kecil (TPK) Kendawangan.

Saat ditemukan, mamalia laut tersebut sudah mati. Kondisi tubuhnya mulai membengkak.
Namun demikian, secara visual masih terlihat cukup segar. Ditandai kulit tampak masih utuh 95 persen. Belum mengelupas dengan sejumlah luka bekas gigitan satwa liar di beberapa bagian tubuhnya.

“Pesut tak bersirip ini pertama kali ditemukan oleh Pak Riyan, nelayan asal Dusun Kelapa Enam, tak jauh dari kawasan dusun tempatnya mencari ikan,” kata Hartono.

Menurutnya, bangkai pesut tersebut kemudian dibawa ke pantai dan dilanjutkan dengan laporan ke Pokdarwis Cempedak Jaya sebagai kelompok masyarakat yang selama ini giat berpatroli memonitor dugong di sekitar KKP3K TPK Kendawangan.

Baca Juga: 251 Tahun Usia Pontianak, Wali Kota Edi Komitmen Jadikan Kota Semakin Hijau dan Warga Bahagia

Riyan dan warga sekitarnya mengakui bahwa lebih dari satu satwa serupa sering terlihat di
sekitar kawasan yang sama, namun baru kali ini ditemukan dalam kondisi mati.

Tim Pokdarwis Cempedak Jaya dibantu oleh mahasiswa Ilmu Kelautan FMIPA Untan sebagai
peserta program MBKM Yayasan WeBe Konservasi Ketapang tahun 2022. Tim ini didampingi
petugas dari Lanal Ketapang tiba di lokasi pada sore hari untuk melakukan identifikasi
morfometrik terhadap bangkai pesut tersebut.

Untuk kepentingan apabila diperlukan nekropsi atau diambil kerangkanya lagi, satwa yang mati tersebut kemudian dikubur di Mako Lanal Ketapang atas izin Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Bambang Nugroho, M.Tr. Opsla yang ikut menyaksikan proses identifikasi dan penguburannya.

Yayasan Webe Konservasi Ketapang melaporkan hasil identifikasi temuan tim kepada DKP
Kalbar sebagai pengelola KKP3K TPK Kendawangan dan sekitarnya, serta diteruskan kepada para mitra konservasi kelautan yaitu BPSPL Pontianak, PSDKP Pontianak, BKSDA SKW 1 Ketapang, dan YIARI.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm