Kalbar Sudah Capai Target Nasional, Disdukcapil Tetap Genjot Pencetakan KIA 

25 Oktober 2022 14:10 WIB
 Kegiatan Pencanangan Gerakan Orang Tua Peduli Identitas Anak (GOPINDA), di Pendopo Gubernur Kalbar, Selasa (25/10).
Kegiatan Pencanangan Gerakan Orang Tua Peduli Identitas Anak (GOPINDA), di Pendopo Gubernur Kalbar, Selasa (25/10). ( Indri Rizkita)

Pontianak, Sonora.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalimantan Barat mencatat tingkat kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kalbar.
Kepala Dinas Dukcapil Kalbar, Yohanes Budiman mengatakan, untuk Kalbar sudah mencapai target rata-rata nasional. 

“Secara keseluruhan capaian Kalbar di atas nasional, tapi untuk beberapa kabupaten kota masih harus ada percepatan yang dilakukan,” ucapnya usai Pencanangan Gerakan Orang Tua Peduli Identitas Anak (GOPINDA), di Pendopo Gubernur Kalbar, Selasa (25/10).

Ada tiga daerah di Kalbar yang angka kepemilikian KIA-nya di atas target nasional 40 persen, yaitu Kota Pontianak 42,21 persen, Kabupaten Kubu raya 42,96 persen, dan Kabupaten Mempawah 40 persen.

Kendati demikian, masih ada tujuh kabupaten yang belum mencapai target nasional, yaitu
Sanggau, Ketapang, Sekadau, Landak, Sintang, dan Bengkayang. 

“Setelah pencanangan ini kita berharap ada peningkatan kinerja dari seluruh kabuapten/kota terhadap pencetakan KIA ini. Kita juga bekerjasama dengan dinas pendidikan kabupaten/kota. Kita berharap masing-masing kepala daerah membuat terobosan sehingga mendongkrak pencetakan KIA,” ujarnya.

Baca Juga: Wagub Kalbar Harap Jajaran Pemkot Pontianak Tingkatkan Semangat Kerja

KIA menjadi bukti identitas resmi bagi anak-anak berusia 0-17 tahun. Dengan adanya KIA, setiap anak yang belum memiliki KTP, mereka memiliki satu tanda pengenal yang tercantum NIK dan alamat, sehingga apabila terjadi sesuatu bisa dilihat dari NIK-nya.

Untuk menarik minat agar para orang tua mengurusi pembuatan KIA pada anaknya, Disdukcapil menggandeng beberapa vendor pelaku usaha. Setidaknya ada 30 vendor pelaku usaha se- Kalbar yang akan memberikan fasilitas pada anak-anak yang sudah memiliki KIA.

“Kita berupaya dengan menarik minat orang tua dengan menggandeng beberapa vendor. Sudah ada 30 vendor pelaku usaha se-Kalbar. Jadi jika anak-anak yang memiliki KIA bisa mendapatkan potongan harga, kemudahan membeli buku, bermain atau berenang, dan sebagainya di beberapa vendor yang sudah bekerjasama,” ungkap Budiman.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Pendaftaran Penduduk Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, David Yama. Ia mengucapkan selamat kepada pemprov Kalbar karena Kalbar mencatat pertama kali sejarah melakukan pemanfaatan KIA se-Kalbar. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.