FKPPIB Realisasikan Semangat Sumpah Pemuda di Kalangan Milenial

29 Oktober 2022 15:20 WIB
Forum Komunikasi Putra Putri (BUMN) Indonesia Bersatu (FKPPIB) usai membentuk LMJ di Bandung, Jumat (28/10/2022).
Forum Komunikasi Putra Putri (BUMN) Indonesia Bersatu (FKPPIB) usai membentuk LMJ di Bandung, Jumat (28/10/2022). ( Dok. Sonora Bandung/Indra Gunawan)
Bandung, Sonora.ID - Semangat Sumpah Pemuda ke 94 tahun tampak di Forum Komunikasi Putra Putri (BUMN) Indonesia Bersatu (FKPPIB).
 
Pada Jumat (28/10/2022) di Bandung, mereka mengajak kaum milenial Jawa Barat untuk kembali membumikan gagasan Sumpah Pemuda yang diamanatkan para pendahulu bangsa.
 
Langkah nyata tersebut diwujudkan dalam sebuah deklarasi yang diberi nama Lingkar Milenial Jabar (LMJ). 
 
"LMJ merupakan formatur yang dibentuk untuk kedepannya menyiapkan terbentuknya Kepengurusan FKPPIB Korda Jawa Barat yang secara serentak akan dideklarasikan di seluruh Kabupaten/ Kota di Jawa Barat," ucap Ketua Presidium Lingkar Milenial Jabar Fathul Nur Rahman kepada media.
 
 
Menurutnya, formatur ini bersifat kelektif kolegiali yang dipimpin ketua Presidium dengan tugas pokok menginisiasi kaum milenial di kabupaten/kota dan menyiapkan Kongres Daerah pada kepengurusan FKPIB Korda Jabar yang definitif.
 
"Gagasan awal lahirnya LMJ ini sebegai bentuk kegelisahan akan terkikisnya visi persatuan dalam bingkai kebergaman yang menjadi modal besar bangsa Indonesia," ucap Fathul.
 
"Kita sudahi politik identitas yang semakin hari membawa bangsa ini kedalam polarisasi yang kian tajam dan mengoyak rasa kebhinekaan kita. Paling tidak kita awali dari kami dengan mangajak kaum milenial untuk peduli dan berupaya melawan setiap celah di ruang virtual,” tegasnya.
 
Langkah nyata yang akan dilakukan, lanjut Fahtul adalah dengan gerakan kecil berupa kampanye "Stop Forwarding dan Blusting".
 
“Meneruskan pesan terusan merupakan kondisi riil saat ini dalam upaya tumbuhnya bibit subur berita hoax. Paling tidak kita harus menydarinya dan tidak menjadi bagian dari tujuan-tujuan yang dapat mengancam persatuan & kasatuan kita,” paparnya.
 
Lebih lanjut Fathul mengatakan, karena itu “Satu Indonesia” merupakan tema yang diangkat sebagai upaya membumikan amanat Sumpah Pemuda yang pernah di gagas para pendahulu bangsa sebagai kesadaran akan pentinya identitas Tanah air, bangsa dan bahasa yaitu satu Indonesia.
 
Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas DPP FKPPIB, Andi Firmansyah menyambut baik dengan deklarasi Lingkar Milenial Jabar ini.
 
Menurutnya, Jawa Barat, khususnya Kota Bandung, merupakan pusat kretifitas kaum milienal. Deklarasi Lingkar Milenial Jawa Barat akan berdampak luas dan berpengaruh pada daerah tainnya.
 
Baca Juga: PHK Massal Hantui Perusahaan dan Industri di Jawa Barat

Saat ini kepengurusan FKPPIB masih terpusat di Lampung dan baru terafiliasi ke sebagian provinsi di Sumatera.

Oleh karena itu, pihaknya merasa yakin kaum milenial Jabar akan menjadi tonggak lahirnya KORDA KORDA di provinsi lainnya.
 
“Deklarasi Lingkar Milenial Jabar merupakan fondasi strategis bagi DPP FKPPIB, mengingat basis keanggotaan kami ada di lingkungan anak-anak BUMN dan Bandung menjadi pusat BUMN,” pungkasnya.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm