4 Manfaat Sosiologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Lengkap dengan Penjelasannya  

31 Oktober 2022 08:50 WIB
4 Manfaat Sosiologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Lengkap dengan Penjelasannya
4 Manfaat Sosiologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari Lengkap dengan Penjelasannya ( pixabay)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja manfaat sosiologi dalam kehidupan sehari-hari yang lengkap dengan penjelasannya.

Manusia dikenal sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan manusia lainnya dan tidak bisa hidup sendiri, sedangkan sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari manusia sebagai makhluk sosial.

Menurut Auguste Comte, sosiologi adalah suatu disiplin ilmu yang bersifat positif yaitu mempelajari gejala-gejala dalam masyarakat yang didasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional dan ilmiah.

Selain itu sosiologi juga mempelajari berbagai macam bentuk sosial dalam masyarakat, seperti berbagai bentuk hubungan, gejala, dan fenomena sosial yang muncul dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Baca Juga: 40 Contoh Penyimpangan Sosial Lengkap dengan Pengertian, Jenis, dan Bentuknya, Materi Sosiologi

Karena fokus dari ilmu sosiologi adalah mahkhluk sosial yaitu manusia, otomatis kita juga harus mempelajari ilmu tersebut, pasalnya terdapat beberapa manfaat sosiologi dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas apa saja manfaat sosiologi dalam kehidupan sehari-hari tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

Manfaat Sosiologi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

  1. Mendukung Perumusan Kebijakan

Sosiologi dapat mempelajari berbagai macam gejala sosial yang ada di masyarakat, hal tersebut bisa membantu para pemangku kebijakan dalam mengambil sebuah kebijakan untuk mengatasi bermasalahan sosial yang ada di tengah masyarakat.

Baca Juga: 5 Contoh Integrasi Sosial di Masyarakat: Materi Sosiologi Kelas 11 SMA

  1. Kajian Pembangunan

Ilmu sosiologi dapat membantu kebijakan pembangunan yang dibuat oleh pemerintah menjadi lebih efektif dan tepat guna. Karena Pembangunan diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

  1. Meningkatkan Kemampuan Adaptasi Masyarakat

Sosiologi juga mengamati bagaimana suatu masyarakat bereaksi terhadap suatu perubahan. Ilmu dan kajian sosiologi dapat membantu kita untuk mencari cara supaya masyarakat bisa beradaptasi dengan lebih cepat terhadap perubahan-perubahan yang mereka hadapi.

Baca Juga: 8 Contoh Kelompok Sosial di Masyarakat: Materi Sosiologi Kelas 11 SMA

  1. Kajian Pola Kesehatan Masyarakat

Selain itu ilmu sosiologi juga bermanfaat sebagai kajian pola kesehatan masyarakat, karena dalam ilmu sosiologi dapat mengamati pola hidup atau kebiasaan hidup masyarakat yang bisa saja menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Tak hanya itu saja sosiologi juga bisa membantu kita untuk menemukan penyebab penyakit lebih cepat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.