Peringatan Ulang Tahun ke-10 PGGP Papua, Harapkan Kemitraan Bersama Pemerintah Dorong Percepatan Pembangunan Papua

1 November 2022 21:30 WIB
Ulang Tahun ke-10 PGGP Papua, Harapkan Kemitraan Bersama Pemerintah Dorong Percepatan Pembangunan Papua
Ulang Tahun ke-10 PGGP Papua, Harapkan Kemitraan Bersama Pemerintah Dorong Percepatan Pembangunan Papua ( BPMI Setwapres)

 Manokwari, Sonora.Id - Persekutuan Gereja-Gereja Papua (PGGP) Provinsi Papua Barat merayakan ulang tahunnya yang ke-10, Selasa (01/11/2022). Pada peringatan ulang tahunnya tersebut PGGP Papua Barat berharap agar hubungan kerja sama yang telah dibangun dengan pemerintah pusat dapat mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di Tanah Papua.
 
PGGP Papua Barat dan Papua telah melakukan kunjungan silaturami kepada Wakil Presiden K. H. Ma’ruf Amin di Istana Wakil Presiden Jakarta, Rabu (20/04/2022), dalam rangka menyampaikan gagasan gereja dalam mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan Papua.
 
Adapun pertemuan tersebut telah menghasilkan program kerja sama yang melibatkan kementerian/lembaga terkait, yaitu membentuk Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dan pelatihan vokasi di beberapa wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat.
 
Ketua Umum PGGP Papua Barat Pdt. Sherly Parinussa menyampaikan bahwa PGGP Papua Barat hadir sebagai corong untuk menjadi terang bagi masyarakat dalam berbagai peristiwa, seperti bencana alam, serta memberikan dukungan moril dan materiil kepada gereja yang mengalami ketidakadilan.
 
Lebih jauh, Pdt. Sherly mengungkapkan PGGP Papua Barat tidak hanya berjuang untuk kepentingan gereja, tetapi juga kebaikan seluruh bangsa Indonesia yang majemuk agar dapat hidup rukun dan damai.
 
Sementara itu, Asisten I Setda Papua Barat mewakili Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw, memberikan apresiasi terhadap kinerja PGGP Papua Barat karena telah berkontribusi bagi pembangunan Tanah Papua melalui program sosial, yaitu Rumah Generasi yang membina anak-anak di Papua yang mengonsumsi minuman keras dan narkoba.
 
Selain itu, Pemerintah Daerah Papua Barat berkomitmen penuh dalam mendukung PGGP Papua Barat sebagai mitra kerja melalui rintisan program kemitraan yang dibentuk bersama pemerintah pusat untuk peningkatan SDM Papua.
 
Selanjutnya, Asisten Staf Khusus Wakil Presiden Khamami Zada menyebutkan pemerintah pusat sangat serius mendukung pembangunan Tanah Papua untuk lebih maju dan sejahtera. Hal tersebut ditunjukkan dengan diterbitkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 121 Tahun 2022 tentang Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP) yang diketuai oleh Wakil Presiden Republik Indonesia. BP3OKP diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan masyarakat Papua yang lebih maju dan sejahtera.
 
Acara dengan tema “Hidup dan Melayani Bersama Sebagai Sahabat Kristus” ini ditutup dengan penyerahan piala dan hadiah bagi pemenang Lomba Cerdas Cermat Alkitab dan Lomba Melukis. Lukisan terbaik diserahkan Ketua Umum PGGP Papua Barat Pdt. Sherly Parinussa dan Sekretaris Umum PGGP Papua Barat Erenst Ngabalin kepada Asisten Staf Khusus Wakil Presiden Khamami Zada untuk diserahkan kepada Wakil Presiden K. H. Ma’ruf Amin.
 
Sebagai informasi, PGGP Papua Barat merupakan lembaga representatif gereja di Papua Barat yang terbentuk sejak tanggal 17 Oktober 2012 melalui Konferensi Pemimpin Gereja se-Papua Barat. PGGP Papua Barat beranggotakan lebih dari 53 denominasi Gereja dengan komposisi penduduk 61,75%. Fungsi PGGP Papua Barat yaitu sebagai sarana konsultasi, koordinasi, dan menampung aspirasi, sekaligus wadah perjuangan gereja di Tanah Papua maupun luar Papua.
 
Turut hadir pada kesempatan tersebut Asisten Staf Khusus Wakil Presiden Khamami Zada, Tim Internal PGGP Papua Barat, perwakilan Pemerintah Daerah Papua Barat, serta perwakilan PGGP Papua.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm