Akhirnya Pakar Mikro Ekspresi Bicara: ART Ferdy Sambo Stres dan Nervous

3 November 2022 09:00 WIB
Susi, ART Ferdy Sambo
Susi, ART Ferdy Sambo ( Kompas.com)

Sonora.ID - ART Ferdy Sambo, Susi menjadi sorotan selama beberapa hari belakangan ini sejak dirinya hadir dalam persidangan kasus dugaan pembunuhan berencana yang dilakukan oleh bos-nya, Ferdy Sambo dan beberapa orang lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, terlihat bahwa dirinya beberapa kali melontarkan keterangan yang membuat hakim kesal hingga memberikan teguran beberapa kali karena dianggap memberikan keterangan palsu.

Tak hanya itu, Kuasa Hukum keluarga Brigadir J pun berencana akan melaporkan Susi kepada pihak berwajib atas keterangan-keterangan yang disampaikannya.

Pakar Mikro Ekspresi, Kirdi Putra pun angkat suara mengenai gestur dan ekspresi yang ditunjukan oleh Susi dalam persidangan tersebut.

Pihaknya menyatakan bahwa Susi awalnya tenang, tetapi dengan posisi tangannya yang memegang mic, menunjukkan ia dalam kondisi stres dan nervous.

“Dari ekspresi wajah di awal kelihatan tenang, tapi kalau kita lihat posisi tangan dia itu, posisi ketika tangan sebelah kiri ditumpangi tangan kanan dan tangan kanan memegang mic, itu tangan kirinya itu adalah kita sebut sebagai holding gesture,” ucap Kirdi Putra seperti dikutip dari Kompas.TV.

Baca Juga: Viral Video Sidang ART Ferdy Sambo, Hakim: Jangan Banyak Bohong!

Kirid menyatakan, Susi membutuhkan pegangan, pada saat itulah Susi merasa stres, nervous, layaknya orang yang sedang bingung dan membutuhkan pegangan.

Ia juga menyoroti mata Susi yang dalam persidangan kerap mengarah pada bagian atas, menunjukkan bahwa ia sedang mencoba mengingat.

Menurutnya Kirdi, hal itu dilakukan Susi karena ingin mencoba untuk mengingat bagian gambar di dalam otak.

“Dia matanya adalah ke atas, ini adalah mengakses yang namanya visual korteks, artinya apa, bagian ingatan gambar di dalam otak, artinya apa, dia mencoba mengingatkan, tapi beberapa hal sebelum dia melakukan pengikatan, langsung (jawab) nggak tahu,” sambungnya.

Diketahui sebelumnya, Susi yang merupakan asisten rumah tangga Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi memang membuat geger persidangan Terdakwa Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Isi Doa Bapa Kami dalam Bahasa Inggris, Our Father Who Art In Heaven

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm