5 Contoh Latar Belakang Laporan PKL yang Baik dan Mudah Dikerjakan

4 November 2022 19:00 WIB
Ilustrasi contoh latar belakang laporan PKL.
Ilustrasi contoh latar belakang laporan PKL. ( Pixabay)

Sonora.ID - Berikut ini adalah paparan mengenai contoh latar belakang laporan PKL yang baik dan mudah diadaptasi.

Para siswa SMK yang melaksanakan magang tentu tak asing lagi dengan Pelatihan Kerja Lapangan atau yang biasa disebut dengan PKL.

PKL dapat diartikan sebagai bentuk penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan bekerja langsung sesuai dengan jurusan studi yang dipilih para siswa SMK guna mengukur dan melatih kesiapan mereka sebelum terjun ke dunia kerja ketika lulus.

Ketika melaksanakan PKL, para siswa SMK mendapat supervisi secara sistematik dan terarah di tempat atau perusahaan yang menerima mereka.

Kegiatan PKL yang umumnya dilaksanakan selama 3 bulan tersebut, selain merupakan salah satu syarat kelulusan para siswa, juga bertujuan untuk membuat para siswa memiliki wawasan karier, semangat kerja, serta kemampuan adaptasi di lapangan.

Sebagai salah satu syarat kelulusan, pelaksanaan PKL mengharuskan para siswa membuat laporan sebagai bukti pelaksanaan dan penjabaran soal hasil atau pelajaran yang didapat selama pelaksanaan.

Sebagaimana dokumen ilmiah pada umumnya, laporan PKL mengharuskan pembuatnya menuliskan latar belakang yang berisi uraian atau gambaran soal topik tentang disiplin ilmu sesuai bidang perusahaan yang dipilih sebagai tempat pelaksanaan PKL.

Untuk memahaminya lebih jauh, simak contoh latar belakang laporan PKL berikut ini.

Baca Juga: 7 Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik dan Benar, Lengkap Skripsi dan Proposal

A. Latar Belakang

Para lulusan SMK dituntut untuk memiliki keahlian khusus sesuai bidang keilmuan yang dipilih guna menyiapkan diri terjun di dunia kerja. Maka, guna mempersiapkan mental dan keterampilan terhadap hal tersebut, SMK mengadakan program PKL (Praktik Kerja Lapangan). Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada para siswa SMK di dunia kerja agar para siswa lebih siap bekerja ketika lulus nanti.

Berdasarkan hasil pengamatan serta penelitian oleh Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan program PKL di SMK belum secara tegas mampu menghasilkan tamatan yang diharapkan perusahaan. Hal tersebut didukung oleh kondisi pembelajaran yang berjalan di sekolah belum sepenuhnya kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional.

Keahlian professional setiap individu tidak semata-mata diukur dari nilai akademik dan penguasaan pengetahuan saja. Namun, harus diimbangi dengan praktik dan pengalaman langsung mengimplementasikan teori ke dalam praktik kerja. Dengan demikian, dilakukanlah program Prakerin demi memberikan pengalaman dan kesempatan secara langsung kepada siswa dan siswi SMK mengaplikasikan keahlian yang dimiliki dalam kinerja langsung.

Demikian paparan mengenai beberapa contoh laporan PKL sebagaimana di atas. Semoga bermanfaat.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Baca Juga: Contoh Latar Belakang Skripsi: Paling Mudah untuk Dikerjakan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm