Kisruh Sengketa Lahan, Bandung Zoological Garden Akan Gugat Pemkot Bandung

4 November 2022 17:45 WIB
Anggota Dewan Pembina YMT, I Gede Pantja Astawa saat jumpa pers di Bandung Zoological, Jumat (4/11/2022)/Gun
Anggota Dewan Pembina YMT, I Gede Pantja Astawa saat jumpa pers di Bandung Zoological, Jumat (4/11/2022)/Gun ( )
 
 
Bandung, Sonora.ID - Menyikapi hasil putusan sidang perdata di Pengadilan Negeri Kelas IA Bandung Khusus atas perkara Nomor 402/ Pdt.G/2021/PN.Bdg, Yayasan Margasatwa Tamansari (YMT) yang menaungi Bandung Zoological Garden (Kebun Binatang Bandung) akan melayangkan gugatan terhadap Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.
 
"Pemkot Bandung tidak memahami makna putusan PN Bandung. Mereka keliru manafsirkan hasil putusan seputar  sengketa lahan Kebun Binatang Bandung," tegas Anggota Dewan Pembina YMT, I Gede Pantja Astawa kepada media di Bandung, Jumat (4/11/2022).
 
Pantja menjelaskan, makna putusan tersebut adalah pada amar putusan, dan hal tersebut berbeda dengan pertimbangan hukum yang melatarbelakangi amar putusan. 
 
"Mereka (Pemkot Bandung) tidak memahami mana pertimbangan hukum, mana amar putusan. Amar putusan sama sekali tidak menyebutkan bahwa Pemkot adalah pemilik. Hanya menyebut dalam pokok perkara, gugatan penggugat ditolak. Itu saja," ungkap Pantja.
 
"Karena gugatan penggugat ditolak, pihak Pemkot Bandung merasa menjadi pemenang dan berbicara ke media seolah jadi pemenang. Nah, Kami ingin luruskan, mewakili yayasan, bahwa statemen tersebut keliru karena mereka tidak paham," tegas Pantja.
 
"Untuk itulah kami mengajukan banding sekaligus mengajukan gugatan baru, biar menjadi jelas siapa secara hukum pemili lahan kebun binatang Bandung tersebut," kata Pantja.
 
 
"Kami telah siapkan langkah-langkah baru, yakni mengajukan banding, gugatan baru, dan mengawal laporan dugaan pemalsuan dokumen yang dilakukan Pemkot Bandung berupa 13 persil dan sudah dikirim ke Bareskrim Polri pada 23 Agustus 2022 lalu," jelas Pantja.
 
Pantja menambahkan, gugatan ke Pemkot Bandung sebagai upaya dalam mencari kebenaran atas status tanah. 
 
Dia juga menyebut pihak yayasan menunggu lanjutan laporan dugaan pemalsuan dokumen di Bareskrim.
 
"Dokumen yang dilaporkan yayasan ke Bareskrim itu merupakan 13 surat yang dijadikan Pemkot sebagai bukti saat menjalani sidang melawan gugatan Steven Phartana," kata Pantja.
 
"Saya punya bukti kuat sehingga melaporkan dugaan adanya pemalsuan dokumen. Kami melapor ada kejahatan jabatan. Aparat pemkot bertindak sewenang-wenang. Itu pintu masuk melapor. Dari 13 surat itu, ada bukti-bukti dugaan palsu," paparnya.
 
Diketahui polemik antara Bandung Zoological Garden (Kebun Binatang) dan Pemkot Bandung bermula ketika ada gugatan dari seseorang bernama Steven Phartana ke Pemkot Bandung, YMT, dan BPN Kota Bandung.
 
Selain itu, Pantja juga mempertanyakan gugatan awal kasus tersebut baru muncul setelah 89 tahun YMT mengelola Kebun Binatang Bandung
 
"YMT mengelola kebun bintang ini sudah 89 tahun, kenapa baru kali ini tiba-tiba muncul gugatan? Selama ini baik-baik saja. Kami juga mengelola dengan baik aset ini. Terus terang Kami jadi bertanya, ada apa ini?" pungkasnya.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm