Komisi VIII DPR RI Dukung Multilayanan Di Sentra Kemensos

9 November 2022 16:40 WIB
Siaran pers dan foto :  Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI
Siaran pers dan foto : Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI ( )
 
Makassar, Sonora.ID - Dukungan perubahan paradigma multilayanan yang dilakukan Kementerian Sosial dalam penanganan permasalahan sosial terus mengalir dari Komisi VIII DPR RI, Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) dapat mengakses layanan di sentra milik Kementerian Sosial sesuai dengan kebutuhannya. 
 
"Jadi paradigma Kementerian Sosial hari ini kan merubah, contoh di sentra ini (Wirajaya) selama ini kan hanya diperuntukan bagi kaum disabilitas, sekarang menjadi multilayanan, jadi bukan hanya melayani orang disabilitas tapi semua persoalan - persoalan sosial hampir semua di "cover" oleh sentra yg ada baik di Makassar, Takalar, Gowa dan di seluruh indonesia, jadi kita "support" Kementerian Sosial", kata Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi saat kunjungan spesifik di Sentra “Wirajaya” Makassar beserta Anggota Komisi VIII DPR RI Samsu Niang, Buchori Yusuf, Endang Maria Astuti, Obon Tabroni, dan Wastam (8/11). 
 
Ketua Komisi VIII mengaku telah beberapa kali mengunjungi Sentra Wirajaya untuk menyerahkan bantuan kepada Penerima Manfaat. 
 
Ini"Untuk kesekian kalinya, kami datang ke Sentra “Wirajaya” Makassar untuk memberikan perhatian, bantuan kepada warga untuk memaksimalkan pemberdayaan kaum rentan lewat bantuan ATENSI,” ungkapnya. 
 
Baca Juga: Logo Hari Pahlawan Tahun 2022: Link Download dan Maknanya

Kunjungan tersebut bertujuan melakukan pengawasan peran sentra - sentra sosial di bawah naungan Kemensos.

Tidak hanya pengawasan, kunjungan ini juga bertujuan untuk melihat secara langsung dan berdiskusi dalam menyerap aspirasi masyarakat kelompok rentan sebagai bahan merumuskan kebijakan dalam peningkatan peran sentra mengatasi permasalahan sosial, terutama di wilayah Sulawesi Selatan. 

Sementara Sekretaris Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Salahuddin Yahya mengucapkan terima kasih atas dukungan Komisi VIII yang memperjuangkan untuk penambahan anggaran program ATENSI. 
 
“Alhamdulillah, sekali lagi Alhamdulillah, atas perjuangan Komisi VIII DPR RI, kita mendapat tambahan Rp 493M”, ungkap Salahuddin Yahya. 
 
Tambahan Rp 493M tersebut akan disalurkan selama bulan November dan Desember 2022 dalam bentuk bantuan permakanan untuk disabilitas dan lanjut usia tunggal yang tidak mampu, serta bantuan untuk yatim piatu. 
 
Baca Juga: Mensos Ingin Terapkan Pendidikan Seperti Korsel untuk Ciptakan SDM Berkualitas

Pada kesempatan tersebut, Komisi VIII DPR RI menyerahkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) dari Kemensos  kepada para penerima manfaat senilai Rp 1.484.500.000. 

Bantuan tersebut berupa  Alat bantu disabilitas, Bantuan untuk kelompok rentan (ODHA dan Korban penyalahgunaan NAPZA), Motor roda tiga, dan bantuan modal usaha untuk 735 PM dari 3 sentra wilayah Sulawesi Selatan; Sentra “Wirajaya” Makassar, Sentra “Gau Mabaji” Gowa, dan Sentra “ Pangurangi” Takalar. 
 
“Kami, dengan mata kepala sendiri hari ini menyaksikan begitu banyaknya bantuan - bantuan yang akan diserahkan pada hari ini,”  pungkas Ashabul Kahfi. 
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Sentra “Wirajaya” Makassar Heru Cahyono, Kepala Sentra “Gau Mabaji” Gowa Subhan Kadir, Kepala Sentra “Pangurangi” Takalar Nur Alam, Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Makassar Anna Puspasari, Kepala Dinas Sosial Kota Makassar Aulia Arsyad.
 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm