8 Contoh Cerita Inspiratif dan Pesan Moralnya, Lengkap!

Diperbaharui 29 Maret 2023 14:39 WIB
Ilustrasi Contoh Cerita Inspiratif dan Pesan Moralnya
Ilustrasi Contoh Cerita Inspiratif dan Pesan Moralnya ( Freepik.com)

Sonora.ID - Bila dicek di Kamus Besar Bahasa Indonesia, cerita merupakan tuturan yang membentangkan terjadinya suatu hal atau peristiwa atau kejadian, juga adalah karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, atau penderitaan orang.

Masih bersumber sama, inspiratif adalah bersifat menginspirasi atau ilham.

Sehingga cerita inspiratif adalah tuturan atau karangan yang menuturkan perbuatan, pengalaman, atau kejadian yang memberikan inspirasi atau memberikan ilham bagi yang membaca atau mendengarnya.

Dengan perkembangan teknologi yang luar biasa, banyak cerita inspiratif yang dikemas ulang dalam bentuk video untuk didengar lebih banyak orang.

Dari tahun ke tahun, generasi ke generasi, Indonesia kaya akan cerita rakyat dan dongeng yang kisahnya terbilang inspiratif dan memberikan pesan moral yang luar biasa.

Dalam penulisannya, cerita inspiratif perlu mengikuti struktur agar pesannya bisa lebih mudah diterima.

Dikutip dari Gramedia.com, struktur cerita inspiratif adalah:

  1. Orientasi
  2. Kerumitan peristiwa
  3. Resolusi
  4. Koda

Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah 8 contoh cerita inspiratif dan pesan moralnya.

1. Diri Sendiri

Setiap orang membuat hidupnya unik, jadi tidak ada yang perlu berada di sana dengan hal yang sama. Ini adalah kisah perjalanan tentang seorang pria.

Tapi bukan itu masalahnya, karena menemukan diri sendiri atau bahkan mencintai diri sendiri bukanlah tugas yang mudah. Aku selalu takut menjadi diri sendiri karena Aku tahu betapa buruknya saya.

Seringkali Aku membuat kecewa orang lain yang berharap pada diriku, sementara Aku tidak sanggup mengizinkan mereka masuk dalam duniaku. Setiap kali seseorang mencoba mendekat, maka Aku akan menghapus kehadiranku dari hidupnya pada saat itu.

Tapi tidak di depan orang yang baru saya temui ini. Nyatanya Aku seperti diriku sendiri, tetapi Aku harus tahu bagaimana mengendalikannya.

Jangan takut menjadi diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa melampaui batas dan menjadi lebih baik. Selain itu, seiring waktu kamu akan mengerti bagaimana mencintai diri sendiri.

Pesan moral: Jangan takut menjadi diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa melampaui batas dan menjadi lebih baik. Selain itu, seiring waktu kamu akan mengerti bagaimana mencintai diri sendiri.

Baca Juga: Contoh Teks Anekdot Pendidikan yang Lucu dan Menarik Dibaca

2. Masuk Harvard

Ada yang tahu Universitas Harvard? Universitas Amerika yang terkenal ini adalah impian kebanyakan orang untuk bisa belajar di sini. Universitas Harvard adalah salah satu universitas terbaik di dunia. Universitas ini berlokasi di Cambridge, Massachusetts, AS dan didirikan pada tahun 1636.

Selain dikenal dengan akademik yang bagus, universitas ini adalah universitas tertua di Amerika Serikat. Tidak heran jika proses penerimaan di Harvard sangat ketat. Tidak hanya itu, mereka yang lolos ke Ivy League biasanya berasal dari keluarga kaya. Bukan berarti mereka tidak bisa menerima siswa dengan latar belakang yang sederhana.

Seperti remaja bernama Athena Capo Battaglia dari New York, AS. Dia bisa masuk Harvard bahkan dari keluarga non-residen. Tidak ada perumahan atau akomodasi di Athena, tetapi dia dapat belajar dengan baik sampai dia masuk Universitas Harvard.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.