Perbedaan Have Been, Has Been, dan Had Been dalam Penggunaanya

10 November 2022 14:34 WIB
Perbedaan Have Been, Has Been, dan Had Been.
Perbedaan Have Been, Has Been, dan Had Been. ( Pixabay)

Sonora.ID - Materi bahasa Inggris kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan have been, has been, dan had been.

Seperti yang kita ketahui bersama, have been, has been, dan had been merupakan jenis auxiliary verb dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk kalimat perfect tense.

Akan tetapi, ketiga auxiliary verb tersebut nyatanya memiliki beberapa perbedaan di antaranya sebagai berikut.

  • Untuk has been dan have been perbedaannya terletak pada subjek kalimat. Subjek I, You, We, They menggunakan have been. Sementara itu, has been hanya untuk subjek He, She, It.
  • Have been digunakan untuk perfect tense yang ada di masa sekarang maupun masa depan, misalnya, present perfect tense dan future perfect tense. Sedangkan, has been hanya dapat digunakan untuk present perfect tense dengan subjek tunggal.
  • Sementara itu, had been digunakan untuk semua subjek perfect tense dan bersifat lampau.

Untuk memahaminya secara lebih baik berikut ini penjelasan lengkapnya yang disertai dengan contoh untuk mempermudah dalam memahaminya.

Baca Juga: 5 Perbedaan Bahasa Inggris UK dan US, Apa Saja Perbedaannya?

Perbedaan Have Been, Has Been, dan Had Been

1. Has Been dan Have Been

  • Jika subjek kalimat I, You, We, They atau plural menggunakan have been, misalnya, I have been waiting for your letter for a year.
  • Jika subjek kalimat He, She, It atau singular noun, uncountable noun menggunakan has been, misalnya, He has been looking for a new apartment for a week.
  • Has been dan have been dapat digunakan untuk membentuk kalimat present perfect continous tense atau kalimat yang membicarakan sesuatu yang dimulai di masa lampau dan masih berlangsung di masa sekarang, misalnya, I have been studying English for 5 years.
  • Have been dan has been juga dapat digunakan dalam membuat kalimat pasif, contohnya, This story has been written by Anna.
  • Dalam bentuk future perfect tense, has been tidak digunakan meski subjeknya tunggal (He, She, It) karena sudah menggunakan will atau would, misalnya, She would have been standing there for three hours if you hadn’t called her.

2. Had Been

  • Had been khusus digunakan untuk membicarakan kejadian yang terjadi di masa lampau sebelum sesuatu hal lainnya terjadi.
  • Selain itu, kata ini juga digunakan untuk menunjukkan kejadian masa yang lalu yang tidak berhubungan dengan masa sekarang, misalnya, We had been together for 2 years when we broke up.
  • Dalam bentuk kalimat pasif, had been hanya dapat digunakan ketika ada dua peristiwa yang terjadi di masa lampau, contohnya, The plane had been waiting for fuel when the pilot noticed a problem.

Baca Juga: 10 Contoh Discussion Text: Pengertian, Struktur & Ciri Kebahasaannya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.