10 Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi Negara

11 November 2022 12:45 WIB
Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional
Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional ( Instagram @jokowi)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja manfaat kerjasama ekonomi internasional bagi setiap negara di dunia.

Setiap negara yang ada di dunia ini pasti tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, maka dari itu sebuah kerjasama internasional sangat penting untuk dilakukan antar negara di dunia ini.

Salah satu manfaat yang bisa di dapat dari kerjasama internasional itu adalah mampu meningkatkan potensi ekonomi suatu negara.

Menurut Sri Nur Mulyati yang dilansir dari bukunya yang berjudul Modul Pembelajaran SMA Ekonomi Kelas XI, kerja sama internasional adalah kerjasama yang menunjukkan hubungan antarnegara dalam bidang ekonomi dengan dasar kepentingan tertentu. Yakni untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan struktur kegiatan ekonomi nasional.

Baca Juga: Pertemuan Bilateral Indonesia - Jerman Bahas Penguatan Kerjasama Ekonomi

Lantas apa saja manfaat kerjasama ekonomi internasional bagi setiap negara di dunia tersebut? Dilansir dari gramedia.com, simak ulasannya berikut ini:

Bentuk Kerjasama Ekonomi Internasional

  1. Kerjasama Ekonomi Internasional Bilateral

kerjasama internasional bilateral adalah kerjasama yang terjalin oleh dua negara dan bersifat mutualisme (saling menguntungkan). kerja sama ini bisa untuk dicapai dari segi perdagangan, hasil pangan maupun lainnya.

  1. Kerjasama Ekonomi Internasional Multilateral

Kerjasama ini merupakan kerjasama yang dijalin oleh banyak negara dan tidak ada batasan mengenai kawasan ataupun wilayah sekalipun.

  1. Kerjasama Ekonomi Internasionala Regional

Kerja sama regional yaitu bentuk kerja sama yang dilakukan oleh suatu negara di dalam satu wilayah. Tujuan dilakukannya kerjasama ini ialah untuk menciptakan perdagangan yang bebas pada suatu kawasan tertentu.

Baca Juga: Terima Kunjungan Menlu Mesir, Jokowi Tingkatkan Kerjasama Ekonomi dan Pendidikan.

Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional

Dari kerjasama ekonomi internasional tentu warga negara dapat merasakan berbagai manfaat di dalamnya. berikut ini merupakan manfaat yang dirasakan warga negara dari sebuah kerjasama ekonomi internasional:

  1. Memajukan serta meningkatkan perekonomian negara. hal ini bisa dilihat dai segi transaksi dan juga hasil ekspor impor oleh negara tersebut.
  2. Mendapatkan kesempatan untuk mempelajari dan mencari tau pengetahuan dan teknologi dari negara-negara maju
  3. Dari kerjasama internasional, tentunya modal dari asing akan mudah masuknya
  4. Membuat angka permintaan dari suatu produk meningkat dengan adanya ekspor impor dari satu negara ke negara lain. hal ini tentu akan membuat kondisi ekonomi suatu negara membaik
  5. Berkesempatan menaikkan harga dari barang impor
  6. Turut mencerdaskan tenaga kerja karena tenaga kerja selalu dituntut untuk disiplin, hasil kerja yang bagus karena akan diekspor ke negara-negara lain
  7. Negara yang memiliki jalinan kerja sama dengan negara lain akan mudah mendapatkan bahan-bahan produksi yang kurang memadai dari asal negaranya. yang kemudian dari bahan baku tersebut akan diproduksi menjadi bahan jadi yang menguntungkan
  8. Dengan adanya kerja sama antar negara ini akan semakin membuat lapangan pekerjaan menjadi luas, dan turunnya angka pengangguran di negara tersebut
  9. Dapat mempercepat suatu planning/sebuah bisnis yang membutuhkan dana yang cukup besar dengan meminjam bank internasional
  10. Mencegah lunturnya budaya dari negara itu sendiri

 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm