Milenial pun Harus Peduli dengan Sumber Daya Alam yang Hasilkan Energi!

13 November 2022 10:15 WIB
Ilustrasi Energi Terbarukan
Ilustrasi Energi Terbarukan ( Grid.ID)

Sonora.ID - Belakangan masyarakat dihadapkan dengan kualitas lingkungan yang semakin menurun, yang disebabkan oleh meningkatnya suhu bumi, serta pencemaran lingkungan akibat industrialisasi dan rumah tangga. Hal ini pun pada akhirnya berdampak pada menipisnya sumber daya alam.

"Adanya pencemaran lingkungan akibat dampak industri dan meningkatnya kebutuhan rumah tangga yang akhirnya meningkatkan suhu bumi tentunya menjadi permasalahan serius bagi kehidupan manusia, termasuk bagi perekonomian bangsa. Dan ini jadi tanggung jawab kita bersama," ucap Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi A. Susetyo Edi Prabowo, dalam siaran persnya kepada Sonora Bandung, Sabtu (12/11/2022).

Terkait pemanfaatan sumber daya alam ini, diketahui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) mengajak millenial untuk sedari dini bijak dalam menggunakan energi.

"Momen Hari Pahlawan 10 November harus menjadi refleksi perjuangan para pahlawan dalam memerdekan negeri ini. Dalam konteks itu, para generasi muda juga diharapkan dapat menjadi pahlawan khususnya di bidang energi dengan menggunakan energi secara bijak," kata Susetyo Edi.

"Selain itu mendukung dilakukannya konversi energi sesuai dengan amanah pemerintah dalam mendukung komitmen Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060,” tuturnya.

Lebih lanjut Susetyo Edi memaparkan, pencemaran lingkungan akibat industrialisasi dan rumah tangga sangat berdampak pada menipisnya sumber daya alam.

"Sumber daya alam semakin menipis akibat industrialisasi, ini tentunya menjadi permasalahan serius bagi kehidupan manusia, termasuk bagi perekonomian bangsa," papar Susetyo Edi.

Atas berbagai masalah tersebut, lanjut Susetyo Edi, dunia membutuhkan pekerjaan yang lebih berkelanjutan dan mampu melestarikan lingkungan.

Dalam siaran pers disebutkan bahwa jenis pekerjaan ini disebut ILO sebagai Green Jobs, pekerjaan yang berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan, seperti teknisi mobil listrik, teknisi panel tenaga surya, dan terkait penggunaan energi baru terbarukan.

Baca Juga: 2 Sumber Daya Alam Unggulan Brunei Darussalam: Enggak Heran jadi Salah Satu Negara Terkaya di Dunia!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm