Syarif Bando: Literasi Akan Menghasilkan Sumber Daya Manusia Unggul dan Terdepan

16 November 2022 15:13 WIB
Kepala Perpustakaan Drs Muhamad Syarif Bando, M.M
Kepala Perpustakaan Drs Muhamad Syarif Bando, M.M ( Istimewa)

Gowa, Sonora.Id - Hirup pikuk cerita nasionalisme Nusantara di masa lalu tidak lepas dari kegemilangan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kabupaten Gowa terbukti telah berhasil melahirkan tiga pahlawan yang mewakili sisi intelektual, emosional, dan spriritual masyarakat Gowa yang juga menjadi paradigma pendidikan di Indonesia saat ini.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan sejarah Gowa mencatat nama Sultan Mahmud Karaeng Pattingalloang, seorang intelektual yang tersohor karena ketertarikannya pada ilmu pengetahuan barat. Selain itu ada Sultan Hasanuddin, Sultan Gowa ke-16 yang mampu mengikis sisi emosional dengan menyatukan kerajaan-kerajaan kecil untuk bersatu padu melawan penjajah.

Syarif Bando menambahkan, seorang diaspora pertama dari Indonesia, Tuanta Salamaka Syekh Yusuf. Syekh Yusuf dikenal sebagai ulama besar penyebar agama islam yang pernah bermukim di India, Yaman, Mekkah, Madinah, Damaskus, Sailon (Srilanka), Turki, dan Afrika Selatan. Konon, di Afrika Selatan, beliau juga dianggap sebagai pahlawan nasional.

“Kalau boleh kami mengusulkan nama perpustakaan umum Gowa menjadi nama perpustakaan umum Karaeng Pattingalloang, mewakili sisi intelektual seorang pahlawan Gowa. Karena perpustakaan merupakan tempat berhimpunnya ilmu pengetahuan dan kaum intelektual,” kata Adnan saat meresmikan fasilitas umum perpustakaan umum dan kegiatan peningkatan indeks literasi masyarakat (PILM) Kab. Gowa, Rabu (16/11/22).

Menurut Adnan, pemerintah Gowa sudah lama meletakkan pendidikan sebagai investasi utama (prioritas). Dan paham karena hasilnya tidak bisa direngkuh dengan instan. Paling tidak, baru bisa dirasakan hasil dari investasi pendidikan pada 15-20 tahun mendatang. Beda dengan pembangunan infrastruktur yang terlihat langsung dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Ia yakin bahwa kekayaan suatu daerah bukan terletak pada sumber daya alam, melainkan manusianya. Siapa yang mampu menyiapkan SDM yang baik, bisa dipastikan akan menjadi daerah yang maju dan berkembang.

“Untuk bisa menyiapkan SDM yang baik, kita memerlukan fasilitas yang baik. Salah satunya adalah perpustakaan. Referensi terbaik bagi siapa pun ketika tidak mampu mengenyam pendidikan sekolah. Apa pun yang ingin diketahui dan dimaui ada disini,” tambah Adnan.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Drs Muhamad Syarif Bando, M.M menyatakan salah satu Founding Fathers Indonesia, Muhammad Hatta, pernah mengatakan ia rela dipenjara asalkan bersama buku. Buku, dianggap Hatta mampu memberikan kebebasan berpikir. Buku melahirkan intelektualitas dan daya literasi.

“Literasi merupakan kedalaman pengetahuan seseorang yang bisa diimplentasikan hingga menghasilkan produk barang/jasa. Bahkan, Presiden Jokowi berharap suatu saat Indonesia mampu menjadi bangsa produsen dengan kualitas literasi yang dimiliki,” ujar Bando.

Bando menegaskan Literasi akan menghasilkan SDM yang unggul dan penting bagi kesinambungan pembangunan. Tanpa penguasaan literasi yang baik, selamanya Indonesia akan menjadi bangsa konsumen.

Gedung fasilitas layanan perpustakaan umum Kabupaten Gowa berada di lokasi yang strategis. Di bangun empat lantai dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp 10 miliar, perpustakaan ini menyimpan tidak kurang dari 4.601 judul buku (11.271 eksemplar). Kepala Perpusnas turut menyerahkan bantuan lainnya berupa satu unit mobil perpustakaan keliling, meubeler, dan kebutuhan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm