Perpusnas Gelar Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB)

21 November 2022 17:43 WIB
Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando usai peluncuran Festival Literasi Maluku Utara dan Gerakan Sibua Literasi (Sinergi Budaya Baca Lintas sektor), di Aula Nuku Kantor Gubernur Maluku Utara, Senin (3/10/2022).
Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando usai peluncuran Festival Literasi Maluku Utara dan Gerakan Sibua Literasi (Sinergi Budaya Baca Lintas sektor), di Aula Nuku Kantor Gubernur Maluku Utara, Senin (3/10/2022). ( Istimewa)

Jakarta,Sonora.Id - Pembudayaan kegemaran membaca dan peningkatan literasi tidak bisa hanya mengandalkan segelintir pihak. Keberadaan perpustakaan, taman baca, dan sejenisnya hanyalah bersifat dukungan. Justru dari semua pondasi yang dibutuhkan dalam menumbuhkembangkan kebiasaan tersebut, pondasi utama sesungguhnya berasal dari keluarga.

Ketua Bidang Pendidikan dan Peningkatan Ekonomi Keluarga Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pusat Ninuk Triyanti menyatakan gerakan pembudayaan kegemaran membaca dari keluarga harus dilakukan sehingga menjadi solusi akan rendahnya tingkat membaca masyarakat Indonesia. Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) organisasi PKK, yakni mengkondisikan masyarakat mulai dari anak-anak dapat gemar membaca dan cerdas berliterasi.

“Biarkan anak memilih sendiri buku yang diinginkannya dan hidupkan kegiatan membaca sehingga menjadi kegiatan yang menyenangkan,” ujar Ninuk pada Talk Show 21 Tahun kiprah organisasi Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) dan Peluncuran Keluarga Baca Nasional di Jakarta, pada Senin, (21/11/2022).

Begitu krusialnya peran keluarga sampai segala sesuatu yang diawali dari keluarga akan berakar kokoh tertanam pada anak.

Dosen PAUD Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) Adiyati Fathu Roshonah mengutip yang disampaikan pencetus Teori Ekologi Urie Bronfenbrenner, mengatakan perkembangan individu dalam interaksinya dengan lingkungan di luar dirinya secara terus-menerus akan mempengaruhi segala aspek perkembangannya.

“Hal ini juga berlaku ketika dialami oleh anak,” imbuhnya.

Di era saat ini, tantangan membiasakan budaya baca di keluarga nampak semakin berat. Di tambah masifnya pengaruh gadget pada anak dan berseliweran berita hoaks, mau tidak mau para orang tua pun dituntut harus cerdas.

Dunia digital memang sedikit banyak mempengaruhi pembentukan karakter anak sehingga orang tua harus beradaptasi, belajar bermain digital agar anak melek dalam literasi digital secara benar.

Ada empat kecakapan yang dapat dikuasai untuk mengenalkan dan mengajarkan literasi digital kepada anak, yaitu digital etic, digital skill, digital culture dan digital safety.

“Anak-anak bisa diajar berkreatif dengan melihat konten-konten membaca yang dibuat para influencer secara menarik. Alih-alih justru mengasah bakat anak sebagai content creator,” tambah Dosen Pascasarjana UMJ Dirgantara Wicaksono.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm