Perpusnas Gelas Webinar Literasi Digital Bagi Generasi Z

25 November 2022 13:06 WIB
Webinar Gen Z dan Literasi Digital bersama Duta Baca Indonesia (DBI) dan pelaku industri kreatif, pada Jum’at, (25/11/2022).
Webinar Gen Z dan Literasi Digital bersama Duta Baca Indonesia (DBI) dan pelaku industri kreatif, pada Jum’at, (25/11/2022). ( Dok Perpusnas)

Jakarta,Sonora.Id - Generasi Z (Gen Z) merupakan generasi yang aktif dalam penggunaan internet. Mereka menerima media sosial sebagai sesuatu yang sudah biasa. Gen Z pada seabad Indonesia Merdeka akan memegang peran penting dalam pembangunan. Persoalannya, karena Gen Z lebih banyak didominasi kaum remaja, dapat mengakibatkan perilaku kecanduan penggunaan media sosial (social networking addicton).

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpustakaan Nasional Adin Bondan mengawali Webinar Gen Z dan Literasi Digital bersama Duta Baca Indonesia (DBI) dan pelaku industri kreatif, pada Jum’at, (25/11/2022).

“Karena bonus demografi, diperkirakan 60% populasi penduduk Indonesia pada 2045 nanti dikuasai oleh generasi milenial yang menguasai digital. Ini jika digarap dengan serius dapat mengantarkan Indonesia menjadi negara maju dan unggul,” kata Adin Bondan.

Setidaknya ada empat dimensi yang mesti dimiliki dalam literasi digital, antara lain digital skill, digital culture, digital ethic, dan digital save. Perpusnas sesuai arah pembangunan 2020-2024 akan mendorong aktivitas literasi sebagai gerakan sosial (social movement) yang mengakar di masyarakat melalui strategi kolaborasi. Itu artinya, budaya literasi bakal menjadi ruh pembangunan sumber daya manusia. Human capital jadi penentu.

Bondan menuturkan dahulu pemajuan pembangunan ekonomi ditandai oleh sumber daya alam dan jumlah tenaga kerja yang banyak. Seperti yang disampaikan dalam teori ekonomi klasik.

“Kini, teori ini gugur dengan adanya teori ekonomi modern yang menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi suatu negara adalah yang berbasis pada ilmu pengetahuan,” tambah Adin Bondan.

Kondisi ini yang mau tidak mau mendorong perpustakaan untuk berbenah menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan peradaban. Perpustakaan saat ini bukan lagi sebagai ruang tertutup tapi ruang terbuka, ajang berbagi pengalaman, knowledge sharing, dan berlatih keterampilan hidup.

“Kami menyebutnya sebagai transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial,” lanjut Adin.

Sementara itu penulis Toto ST Radik turut mengomentari cakapnya Gen Z menekuni industri kreatif. Banyak diantara mereka yang piawai menjadi content creator, Youtuber, film maker, dan sebagainya. Ia berpendapat generasi alfa sudah tidak gagap teknologi. Namun, ia menyoroti kekurangan infrastruktur yang mendukung bagi mereka.

“Perlu percepatan dan penguatan yang melibatkan semua pihak, seperti pegiat literasi, pegiat budaya untuk pengembangan ekonomi kreatif,” tuturnya.

Masih sedikit daerah yang bisa mewadahi Gen Z berkreatif lewat industrinya. Tapi, tidak demikian di Kabupaten Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm