Presiden Jokowi: Keberagaman Suku Merupakan Kekuatan Besar Indonesia

29 November 2022 18:10 WIB
Presiden Jokowi menyapa warga Dayak pada kegiatan Bahaupm Bide Bahana (Temu Akbar Pasukan Merah) Masyarakat Dayak, di Rumah Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11).
Presiden Jokowi menyapa warga Dayak pada kegiatan Bahaupm Bide Bahana (Temu Akbar Pasukan Merah) Masyarakat Dayak, di Rumah Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (29/11). ( Dok. Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden)
Sonora.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pentingnya menjaga keberagaman saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
 
Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi meresmikan pembukaan Bahaupm Bide Bahana Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) yang diselenggarakan di Rumah Adat Radakng, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, pada Selasa, (29/11/2022). 
 
Saat memberikan sambutan dalam acara tersebut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa keberagaman suku merupakan kekuatan besar bagi Indonesia.
 
“Perbedaan itu bukan memecah belah, perbedaan itu adalah kekuatan, perbedaan itu bukan melemahkan, tetapi adalah menguatkan. Jadi jangan sampai karena kita berbeda suku, berbeda subsuku, menjadi kelihatan pecah belah,” tegas Kepala Negara.
 
 
Presiden Jolowi menjelaskan, Indonesia merupakan negara besar dengan ragam suku mencapai 714 suku, termasuk suku Dayak yang memiliki 406 subsuku di dalamnya.
 
Untuk itu, Presiden Jokowi mendorong masyarakat Indonesia untuk menjaga dan merawat budaya dari masing-masing daerah. 
 
“Jangan dilupakan mengenai budaya, mengenai kebudayaan, jangan dilupakan. Kita harus bersama-sama merawat, bersama-sama menjaga, bersama-sama memelihara agar budaya kita ini tetap terawat dengan baik,” pesannya. 
 
Selain itu, Jokowi juga meminta agar seluruh masyarakat dari berbagai macam suku di Tanah Air turut serta dalam menjaga stabilitas keamanan negara, mengingat tahun depan Indonesia akan memasuki tahun politik. 
 
 
“Kita ini beragam suku, 714 suku banyak sekali jangan sampai ada gesekan di tahun politik. Semuanya harus menjaga stabilitas keamanan, negara ini harus aman, sehingga pemerintah bisa menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita semuanya,” ujar Jokowi. 
 
Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan atas dukungan masyarakat Kalimantan utamanya suku Dayak terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). 
 
Menurut Jokowi, dukungan dari masyarakat Kalimantan terhadap pembangunan IKN sangat penting, dan dibutuhkan oleh pemerintah. 
 
“Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan yang diberikan masyarakat Kalimantan, utamanya dari Suku Dayak terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan,” tandasnya. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm