15 Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan dan Proposal yang Baik dan Benar

8 Desember 2022 09:30 WIB
Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan dan Proposal yang Baik dan Benar
Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan dan Proposal yang Baik dan Benar ( Freepik)

Sonora.ID - Jika Anda masih bingung untuk menyusun kata pengantar, berikut beberapa  contoh kata pengantar makalah, laporan dan proposal yang bisa dijadikan referensi.

Dalam menyusun karya ilmiah, salah satu bagian penting yang tak boleh terlewatkan adalah bagian kata pengantar.

Kata pengantar harus disusun dengan baik dan benar agar dapat membantu pembaca memahami apa inti dari karya tulis yang dibuat.

Untuk Anda yang baru belajar, mungkin menyusun kata pengantar perlu contoh yang jelas.

Maka dari itu, berikut akan diulas beberapa contoh kata pengantar makalah, laporan dan proposal yang biasanya masuk dalam tugas perkuliahan.

Baca Juga: Contoh Kata Pengantar Skripsi dan Cara Membuatnya, Panduan Lengkap!

Struktur Kata Pengantar

Sebuah kata pengantar tersusun dari beberapa struktur yaitu pembuka, isi dan penutup.

Penyusun harus dapat membuat kata pengantar yang sesuai dengan fungsi dan tujuan penggunaannya.

Adapun berikut penjelasan singkatnya:

1. Pembuka

Hal pertama yang harus ada dalam sebuah kata pengantar adalah kalimat pembuka.

Anda bisa menuliskan satu atau dua paragraf yang memuat ucapan syukur penulis atas selesainya karya tulisnya. Biasanya ucapan ini ditujukan kepada Tuhan sesuai agama dan kepercayaan masing-masing.

Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan mengucapkan terima kasih pada orang tua, dosen dan orang-orang lain yang ikut membantu proses penyusunan karya ilmiah.

Perhatikan agar mengurutkan nama berdasarkan peran atau jabatan dari yang tertinggi. Misalnya: rektor, dekan fakultas, dosen pembimbing, dan seterusnya.

2. Isi

Sebuah kata pengantar biasanya mengandung judul karya tulis dan sedikit uraian tentang isi atau inti karya tulis yang disusun.

Jangan menyusun isi kata pengantar terlalu panjang. Cukup sampaikan secara umum apa yang dibahas dalam karya tersebut dan buat pembaca tertarik.

3. Penutup

Terakhir adalah bagian penutup kata pengantar.

Di bagian ini, penulis memberikan ucapan maaf apabila terdapat kesalahan dalam karya tulis yang disusun.

Bagian ini difokuskan kepada pembaca yang kemungkinan akan menemukan kekurangan atau kelemahan dari karya tulis tersebut.

Dari situlah penulis akan mendapat kritik dan saran sehingga bisa menjadi perbaikan di lain waktu.

Setelah mengetahui penjelasan singkat soal struktur kata pengantar, berikut ini referensi contoh kata pengantar makalah, laporan dan proposal.

Contoh Kata Pengantar Makalah

  • Contoh Makalah I

Kata Pengantar

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Atas rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas makalah yang berjudul "Teknik Komunikasi Manusia Prasejarah" dengan tepat waktu.

Makalah disusun untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Sejarah. Selain itu, makalah ini bertujuan menambah wawasan tentang manusia prasejarah bagi para pembaca dan juga bagi penulis.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Ibu Nina selaku guru Mata Pelajaran Sejarah. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang telah membantu diselesaikannya makalah ini.

Penulis menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, saran dan kritik yang membangun diharapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm