Balai Bahasa Sumsel Luncurkan Kamus Bahasa Palembang – Indonesia versi Online

10 Desember 2022 13:15 WIB
Illustrasi Tut Wuri Handayani
Illustrasi Tut Wuri Handayani ( )

Palembang, Sonora.ID – Balai Bahasa Propinsi Sumsel baru saja meluncurkan Kamus bahasa Palembang – Indonesia versi daring atau online.

Umar Solihan, Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan kepada sonora (6/12/2022) mengatakan bahwa peluncuran kamus bahasa Palembang – Indonesia versi daring adalah untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses kamus bahasa Palembang – Indonesia sehingga masyarakat yang ingin mendapatkan arti atau makna kosakata dari bahasa Palembang bisa lebih mudah atau cepat dan praktis sesuai dengan kondisi era digital sekarang.

“ ini merupakan pengembangan dari kamus yang sudah dipunyai. Sampai sekarang sudah ada 3 kamus yaitu kamus Muaraenim, kamus Palembang dan kamus bahasa Komering yang sudah diluncurkan oleh bupati OKU Timur tanggal 14 November lalu,” ujarnya.

Ia mengatakan pembuatan kamus bahasa daerah termasuk salah satu tugas dari Balai Bahasa dalam rangka perlindungan bahasa dan sastra daerah juga dalam rangka pengembangan bahasa daerah yang dimiliki masyarakat sumsel serta upaya pelestarian dan perlindungan bahasa daerah.

Baca Juga: Arti Kata Gabut dan Bucin, Kamus Bahasa Gaul yang Wajib Kamu Tahu

“ tahun depan kami akan mencoba menyusun kamus bahasa-bahasa daerah lainnya yang ada di sumsel,” ujarnya.

Ia menyebutkan kendala-kendala yang dihadapi saat membuat kamus bahasa daerah antara lain : minimnya SDM yang mecakup penutur bahasa daerah di sumel, terbatasnya tenaga bidang perkamusan dan bidang kosakata istilah perkamusan.

“ sekarang sudah direkrut tenaga kosakata perkamusan, kedepan diharapkan bisa membuat kamus bahasa daerah lebih banyak lagi dan cepat. Kendala lain adalah berkaitan dengan anggaran, satu tahun hanya bisa menyusun satu kamus bahasa daerah karena tahapan yang dilalui cukup banyak dan semua tahapan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Kendala lainnya aktifitas penyusunan kamus bahasa daerah lebih banyak balai bahasa yang berperan padahal peran kepala daerah diperlukan sebagai usaha pengembangan bahasa daerah seperti yang diamanatkan dalam undang-unadng nomor 24 tahun 2009. tahun depan kami akan meluncurkan kamus bahasa daerah Komering versi daring untuk memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui arti kata dalam bahasa Komering,” ujarnya.

Baca Juga: Apa Arti YTTA di TikTok? Ini Kamus Bahasa Gaul yang Perlu Kamu Tahu  

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm