45 Soal Tes Wawancara PPK Pemilu 2024 Lengkap dengan Jawabannya

12 Desember 2022 16:38 WIB
Soal tes wawancara PPK Pemilu 2024.
Soal tes wawancara PPK Pemilu 2024. ( Pixabay)

Sonora.ID - Seperti yang telah kita ketahui bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK sejak bulan November 2022 lalu.

Serangkaian tes pun seperti tes tertulis telah digelar pada tanggal 5-7 Desember tahun 2022 lalu guna menyeleksi calon anggota PPK.

Bagi peserta yang lolos pada tahapan tes tertulis masih harus berjuang untuk mengikuti tes wawancara PPK yang digelar pada 11 Desember 2022 hingga 13 Desember 2022 esok.

Untuk mempersiapkan diri dengan baik berikut ini pun beberapa contoh soal tes wawancara PPK Pemilu 2024 lengkap dengan jawabannya yang dapat kamu pelajari.

Baca Juga: Jangan Ada Lagi Wartawan Dipanggil, Bersama Bawaslu Awasi Pemilu

Soal Tes Wawancara PPK Pemilu 2024

1. Ceritakan tentang diri Anda!

Nama, pendidikan terakhir, dan pekerjaan.

2. Selain pendidikan formal, apakah Anda memiliki keterampilan lain?

Ya. Saat kuliah saya mengikuti kursus menjahit. Selain itu, saya pernah mengikuti pelatihan kepemimpinan selama 1 bulan.

3. Apa makna pekerjaan bagi Anda?

Bagi saya pekerjaan bukan semata-mata mencari uang untuk kebutuhan, tetapi juga melakukan kontribusi terbaik.

4. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda

Kelebihan saya adalah jujur, cepat belajar dan pekerja keras. Untuk kelemahan saya suka lupa, sehingga saya berusaha mengatasinya dengan mencatat pekerjaan di buku saku.

5. Apakah Anda memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja?

Saya kira hubungan saya dengan semua rekan kerja saya berjalan dengan baik. Terkadang memang pernah saya memiliki masalah dengan rekan kerja terkait pembagian tanggung-jawab, namun kami menyelesaikannya dengan cara berdiskusi bersama lantaran kami memiliki tanggung-jawab masing-masing.

6. Lebih suka bekerja sendiri atau dalam tim?

Ini bergantung pada pekerjaan yang harus saya selesaikan meskipun saya lebih senang bekerja sendiri, saya dapat bekerja dalam tim.

7. Jika Anda diharuskan bekerja di dalam tim, posisi apa yang akan anda pilih?

Saya lebih suka menjadi seorang konseptor atau perencanaan dengan begitu saya bisa merencanakan langkah-langkah harus diambil, membuat daftar sumber data, mengidentifikasi hambatan dan membuat ukuran kesuksesan kegiatan.

8. Apakah Anda bisa bekerja di bawah tekanan?

Selama ini saya bisa mengatasi tekanan pekerjaan saya. Selain itu, saya pikir tekanan bisa memberikan hasil yang positif bagi saya karena saya bisa mengeluarkan potensi inisiatif dan keterampilan saya untuk menyelesaikan pekerjaan.

9. Bagaimana sikap Anda terhadap kritik yang ditujukan kepada Anda?

Dalam pemahaman saya, manusia umumnya tidak suka dikritik sembarangan sehingga saya menerima jika kritik membangun untuk memperbaiki diri saya.

10. Menurut Anda orang seperti apakah yang sulit untuk diajak kerja sama?

Menurut saya orang sulit adalah tidak suka bekerja, suka melanggar aturan, banyak mengeluh, suka menjelekan orang lain.

11. Apabila rekan kerja Anda melakukan kesalahan, Apa yang akan Anda lakukan?

Tidak ada orang yang sempurna, saya akan memeriksa apa yang sebenarnya terjadi, mencari kerusakan akibat kesalahan tersebut dan mencari penyebabnya.

12. Apa yang akan Anda lakukan bila rekan kerja Anda mengeluhkan masalah pribadi mereka?

Saya akan menerima mereka di ruangan saya dan membiarkan mereka menceritakan masalah pribadinya, jika diminta untuk menyampaikan saran, saya akan mengajukan beberapa saran untuk masalah tersebut, dari pengalaman saya mereka pada umumnya butuh pendengar.

13. Apa yang akan Anda lakukan ketika menghadapi masalah besar dalam pekerjaan?

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm