Refleksi Audit Kasus Stunting Salah Satu Solusi Perencanaan Percepatan Penurunan Stunting

16 Desember 2022 12:35 WIB
 Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG(K)
Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG(K) ( Media Center BKKBN)

Sonora.ID - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) selenggarakan kegiatan Refleksi Audit Kasus Stunting Tahun 2022 bersama kepala daerah dan tim percepatan penurunan stunting, guna menyelesaikan kasus stunting. 

Hal tersebut disampaikan Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo Sp.OG(K) saat menyampaikan arahannya pada kegiatan Refleksi Audit Kasus Stunting 2023 yang digelar secara hybrid dan diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh daerah di Indonesia, Rabu (14/12/2022).

“Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama, yang pertama bahwa Audit Kasus Stunting (AKS) merupakan kegiatan prioritas dalam perencanaan aksi percepatan penurunan stunting. Oleh karena itu, saya mengingatkan kepada seluruh kabupaten/Kota untuk bisa terlibat aktif dan kemudian melakukan kegiatan AKS ini di tahun 2023,” kata dr. Hasto.

dr. Hasto menyampaikan, terkait kasus-kasus yang selama ini stunting tapi tidak bisa terselesaikan dengan baik, belum menemukan permasalahan dan solusinya ada pada AKS.

Cukup disederhanakan oleh tim percepatan penurunan stunting lokal, mengundang para pakar untuk berdiskusi, mempresentasikan kasus stunting yang ada sehingga ditindak lanjuti oleh para klinisi, ahli gizi, dan ahli psikologi.  

Baca Juga: Jawa Barat Jadi Provinsi Berpengaruh Turunnya Stunting Nasional

“Di tahun 2023 BKKBN merencanakan juga mengalokasikan pendataan untuk AKS, karena menjadi bagian yang sangat penting dan perlu saya sampaikan Juklak Juknis untuk pelaksanaan,. Juknis untuk pelaksanaan di tahun 2023 sudah kita keluarkan di bulan November ini,” kata dr. Hasto.

dr. Hasto berharap pada bulan Januari 2023 sudah bisa melakukan AKS di trisemester pertama, ia juga berharap koordinasi antara Tim pengendali DAK di pusat, provinsi, dan daerah ini bisa bahu-membahu, dan mempercepat pencairan dana untuk DAK, terlebih untuk DAK yang terkait Percepatan Penurunan Stunting. 

Dalam hal tersebut harus mengintegrasikan hasil AKS dengan program Bapak Anak Asuh Stunting (BAAS) di daerah yang membutuhkan pendampingan, menjadi bagian penting dalam program BAAS.

“Saya kira AKS ini, harapan kami untuk memperkuat berbagai praktek hal yang dengan dasar data di lapangan, data yang betul-betul sampai kepada permasalahan mendasar. Satgas sudah cukup ada di seluruh wilayah. Kami berharap juga bisa terlibat aktif bagaimana mengerti tentang problematika masalah stunting secara klinis di wilayah tersebut, sehingga bisa memberikan kontribusi bagaimana solusi-solusi baik secara publik dalam hal ini menjadi public help problem secara community di masyarakat maupun secara individu,” harap dr. Hasto.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm