Terpesona Keindahan Danau Sentarum, Kepala BI Kalbar Usulkan Panen Madu Jadi Event Wisata

20 Desember 2022 13:05 WIB
Terpesona Keindahan Danau Sentarum, Kepala BI Kalbar Usulkan Panen Madu Jadi Event Wisata
Terpesona Keindahan Danau Sentarum, Kepala BI Kalbar Usulkan Panen Madu Jadi Event Wisata ( Indri Rizkita)

Pontianak, Sonora.ID - Kalimantan Barat menyimpan banyak potensi pariwisata yang tersebar disejumlah daerah, salah satunya wisata Danau Sentarum yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu. 

Wajar saja bila Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Agus Chusaini turut terpesona dengan keindahan Danau Sentarum saat kegiatan Media Gathering Bank Indonesia yang diadakan pada 13-17 Desember 2022.

Ia menilai Kalimantan Barat memiliki banyak potensi pariwisata yang dapat dimaksimalkan ke depannya. Apalagi letak geografis Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia juga memberikan keuntungan lainnya karena dapat menarik wisatawan asing masuk melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Dengan digelarnya media gathering BI bersama sejumlah jurnalis di Kalimantan Barat ini, diharapkan media dapat membantu mempublikasikan potensi pariwisata yang ada di Danau Sentarum ini. 

Baca Juga: Kapuas Hulu Punya Taman Nasional Danau Sentarum, Masuk 15 Danau Prioritas Menuju Ketahanan Air di Indonesia

“Dengan kunjungan kita ke Danau Sentarum ini supaya bisa mengekspos informasi mengenai Danau Sentarum agar lebih dikenal dengan masyarakat khususnya Kalbar, dan masyarakat luar, hingga mancanegara, sehingga bisa mendorong peningkatan kunjungan wisatawan yang hadir di Kalbar khususnya Danau Sentarum. Dengan pariwisata hidup, otomatis UMKM-nya juga akan hidup. Diharapkan produk UMKM masyarakat disini bisa dibeli wisatawan,” ujar Agus, Jumat (16/12).

Dalam kesempatan tersebut, Agus melihat proses panen madu di Pulau Semangit secara langsung. Tidak hanya itu, Agus bersama para jurnalis juga menikmati keindahan Pulau Sepandan. Lalu mengunjungi UMKM lokal yang mengolah berbagai macam makanan menjadi produk oleh-oleh seperti kerupuk ikan, ikan asin, sosis ikan, madu, kerupuk basah, di Pulau Majang.

Tak ketinggalan, Agus dan para jurnalis juga mendaki Bukit Tekenang. Dari ketinggian kurang lebih 350 meter berada di atas permukaan laut tersebut wisatawan bisa melihat Danau Sentarum secara luas.

Melihat destinasi wisata di Danau Sentarum yang sangat luar biasa, Agus menilai perlu keseriusan dari pengelola untuk mendorong agar destinasi ini bisa dikemas lebih baik termasuk fasilitas di dalamnya agar lebih nyaman dikunjungi.

Danau Sentarum

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm