Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir yang Shahih Sesuai dengan Tuntunan

21 Desember 2022 13:30 WIB
Bacaan tahiyat awal dan akhir yang shahih.
Bacaan tahiyat awal dan akhir yang shahih. ( Freepik)

Sonora.ID - Tahiyat merupakan gerakan dalam salat yang dilakukan usai melakukan sujud kedua pada rakaat kedua kemudian duduk sembari mambaca doa tahiyat atau tasyahud.

Tahiyat ini pun ada dua macam, yaitu tahiyat awal serta tahiyat akhir.

Tahiyat awal dilakukan usai melakukan sujud kedua pada rakaat kedua dengan telapak kaki kanan tegak dan telapak kaki kiri digunakan sebagai tumpuan tubuh untuk duduk. Sementara itu, tahiyat akhir dilakukan sebelum mengucapkan salam dengan pantat langsung duduk ke lantai.

Akan tetapi, kita tidak melakukan tahiyat awal dan akhir dalam semua salat. Tahiyat awal dan akhir hanya dilakukan pada salat yang terdiri atas 3 dan 4 rakaat, misalnya, salat Zuhur, Asar, Maghrib, dan Isya. Untuk salat Subuh, kita hanya melakukan tahiyat akhir.

Berikut ini pun bacaan tahiyat awal dan akhir yang shahih serta wajib untuk kita baca dalam salat.

Baca Juga: Syarat Shalat Jamak Lengkap dengan Niat dan Tata Cara Pelaksanaannya

Bacaan Tahiyat Awal dan Akhir yang Shahih

1. Tahiyat Awal

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِاَ . للَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ

Attahiyyaatul mubaarokaatush sholawaatuth thoyyibaatu lillaah. Assalaamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rohmatullahi wa barokaatuh. Assalaaamu'alainaa wa 'alaa 'ibaadillaahish shoolihiin. Asyhadu allaa ilaaha illallah wa asyhadu anna Muhammadar rosuulullah.

Artinya: Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm