Teks Misa Malam Natal 2022 Lengkap dengan Bacaan Alkitab

23 Desember 2022 10:45 WIB
Ilustrasi Teks Misa Malam Natal 2022
Ilustrasi Teks Misa Malam Natal 2022 ( Freepik.com)

Sonora.ID -Natal memang jatuh di tanggal 25 Desember setiap tahunnya, tetapi ibadah digelar sejak satu hari sebelumnya atau yang disebut sebagai Ibadah Malam Natal, yaitu pada tanggal 24 Desember malam hari.

Pada momen ini, jemaat atau umat Kristen diajak untuk merenungkan dan mempersiapkan diri menyambut kedatangan Sang Allah Bapa ke dunia.

Momen Natal adalah peringatan akan kelahiran Yesus Kristus ke dunia, sehingga pada malam Natal kita ajak untuk merenung dan mengevaluasi diri atas apa yang sudah kita lakukan dan belum kita lakukan sehingga ke depannya bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Ucapan Selamat Natal Menggunakan HP

Berikut ini adalah teks misa malam Natal 2022, lengkap dengan bacaan Alkitabnya.

Teks misa malam natal ini disusun oleh Pater Petrus Cristologus Dhogo, SVD.

Para Petugas Liturgi berkumpul di sakristi.

Pada meja perayaan disiapkan lilin bernyala yang mengapit salib.

Untuk bacaan, siapkan Alkitab.

Untuk nyanyian, bisa siapkan buku nyanyian. Sedapat mungkin, untuk kekhusukan suasana, alat-alat komunikasi dimatikan.

Ketika memulai, Pemimpin (P) berkata, “Penolong kita ialah Tuhan”, dan yang lain menyahut, “Yang menjadikan langit dan bumi”.

Bagian ini dapat dilakukan pada awal perayaan Sabda.

Sebaiknya semua lampu dipadamkan.

Jika ada nyanyian maklumat Kelahiran Yesus Kristus, maka maklumat itu bisa dinyanyikan. Setelah maklumat kelahiran selesai dinyanyikan, dengan penerangan lilin, para petugas liturgi berarak masuk. Pemimpin membawa patung kanak Yesus.

Mereka menuju kandang Natal yang sudah disiapkan dan meletakkan patung kanak Yesus itu di palungan di dalam gua Natal tersebut. Sesudah itu, kedua lilin yang ada di depan gua Natal dinyalakan, menyusul lilin di altar. Lampu-lampu pun dinyalakan, dan dinyanyikan lagu Pembuka. Pemimpin dan petugas liturgi lalu memberi hormat pada kanak Yesus, lalu berjalan menuju ke depan altar, memberi hormat seperti biasa dan mengambil tempat di depan untuk memulai ibadah Malam Natal.

TANDA SALIB DAN SALAM

P : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus.

U : Amin.

P : Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, cinta kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus beserta kita.

U : Sekarang dan selama-lamanya.

KATA PEMBUKA

P : Selamat malam semuanya. Malam ini kita berkumpul di sini untuk merayakan Kelahiran Penyelamat kita, Yesus Kristus. Sebagaimana dikatakan oleh Nabi Yesaya dalam bacaan pertama nanti, kita semua telah melihat terang yang bersinar. Kita pun bergembira karena kita semua menjadi hidup. Rasul Paulus menegaskan bahwa Kristus menjadi manusia agar kita dibebaskan dari segala kejahatan dan agar kita dikuduskan. Mari kita buka hati kita untuk menerima Dia yang datang dan lahir di kandang hati kita yang hina. Ketika kita membiarkannya masuk ke dalam 3 kehinaan kita, maka kita pun dikuduskan-Nya. Dia mau berjalan bersama kita, agar kita dapat dituntunNya kepada jalan yang benar. Kita ingat pada malam yang penuh rahmat ini, situasi kita saat ini yang penuh dengan kecemasan karena wabah virus corona. Kita juga ingat semua mereka yang kesulitan mencari makan karena krisis ini. Kita bawa semua mereka ke hadapan Tuhan, agar mereka tidak merasa sendirian dan mereka dan kita semua mendapatkan bantuan untuk keluar dari krisis ini.

[hening sejenak]

Baca Juga: 7 Contoh Khotbah Tema Natal sebagai Renungan Umat Kristen, Simak!

TOBAT DAN PERMOHONAN AMPUN

P : Di hadapan Tuhan yang datang dan kini hadir di tengah kita, marilah menyesali dan mengakui segala dosa, serta memohon ampun atas segala kekurangan kita supaya pantas bertemu dengan Dia dan layak merayakan Sabda penyelamatan-Nya.

U : Saya mengaku kepada Allah yang Mahakuasa, dan kepada saudara sekalian, bahwa saya telah berdosa, dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian. Saya berdosa, saya berdosa, saya sungguh berdosa. Oleh sebab itu, saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada saudara sekalian, supaya mendoakan saya pada Allah, Tuhan kita.

P : [Dengan tangan terkatup] Semoga Allah yang Mahakuasa mengasihani kita, mengampuni dosa kita, dan mengantar kita ke hidup yang kekal.

U : Amin.

MENYANYIKAN LAGU KEMULIAAN

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm