Ini Alasan Kenapa Kamu Wajib Bersihin Kipas Angin

24 Desember 2022 16:30 WIB
Ilustrasi Kipas Angin
Ilustrasi Kipas Angin ( Freepik.com)

Sonora.ID - Membersihkan rumah pastinya sudah menjadi rutinitas banyak orang, agar rumah tetap nyaman untuk dihuni.

Akan tetapi, rajin membersihkan rumah bukan berarti juga membersihkan perabotan yang ada contohnya seperti kipas angin. Coba kamu ingat, seberapa sering kamu membersihkan kipas angin? Kapan kali terakhir kamu membersihkannya?

Bukan hanya untuk membuat udara dalam ruangan segar, namun kipas angin juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tingkat kelembaban loh. Kendati demikian, beberapa fungsi kipas angin tersebut tidak akan terasa jika jarang dibersihkan dan dibiarkan kotor.

Sulitnya melepaskan kerangka pada kipas angin seringkali menjadi alasan utama mengapa sebagian orang merasa malas dan enggan untuk membersihkan kipas angin secara teratur.

Padahal, ada begitu banyak risiko saat kamu membiarkan kipas angin yang kotor. Bukan hanya debu, tapi kuman dan kotoran - kotoran lain akan turut serta memenuhi kipas angin yang jarang dibersihkan.

Selanjutnya barulah giliran kotoran tersebut yang berpeluang besar menimbulkan gangguan pernapasan dan alergi.

Baca Juga: 10 Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya, Nggak Perlu Keluar Duit Buat Service!

Melansir dari laman Parapuan, ada beberapa dampak yang akan terjadi jika kipas angin tidak dibersihkan secara berkala. Pertama, keindahan tampilan rumah akan berkurang melihat kondisi kipas angin yang dipenuhi kotoran.

Tidak berhenti disitu,motor kipas angin juga dapat rusak karena debu dan kotoran yang menumpuk. Jika terdapat suara yang berisik pada kipas angin saat dinyalakan, itulah tanda motornya telah rusak akibat jarang dibersihkan.

Udara yang dihasilkan oleh kipas angin bersih pastinya juga akan berbeda dengan kipas angin yang kotor. Bukannya udara segar yang dihasilkan,melainkan udara pada ruangan dengan kipas angin kotor justru kurang baik kesehatan.

Itulah beberapa alasan kenapa kamu wajib membersihkan kipas angin secara rutin, agar udara yang dihasilkan tetap bersih dan segar. Kamu juga bisa untuk membersihkan kipas angin sebanyak kurang lebih seminggu sekali.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm