Kumpulan Doa Sehari-hari yang Dapat Membuat Hati Merasa Tenang

28 Desember 2022 09:37 WIB
Kumpulan doa sehari-hari.
Kumpulan doa sehari-hari. ( Pixabay)

Sonora.ID - Mengutip dari buku Kumpulan Doa Sehari-hari terbitan Kemenag Jatim, berdoa merupakan tindakan memohon pertolongan kepada Allah SWT yang bukan hanya dapat dilakukan oleh Muslim yang tengah tertimpa musibah, namun juga dapat dilakukan oleh semua umat Muslim.

Hal ini mengingat bahwa doa merupakan unsur yang esensial dalam sebuah ibadah. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW berikut ini.

"Do'a itu ibadah" dan "Tiada sesuatu yang paling mulia dalam pandangan Allah, selain dari berdo'a kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang."

Supaya doa yang dipanjatkan dapat dikabulkan oleh Allah SWT sebenarnya ada beberapa tata caranya yang perlu kita perhatikan.

Hal yang perlu kita lakukan adalah berdoa dengan menghadap kiblat lalu membaca hamdalah, pujian, istigfar, selawat; berdoa dengan suara yang lembut serta rasa takut; dan yakin akan dipenuhi.

Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa tempat atau lokasi untuk berdoa merupakan tempat yang suci dan bersih.

Berikut ini pun kami sajikan kumpulan doa sehari-hari yang sebaiknya selalu dipanjatkan di waktu-waktu yang dianjurkan untuk berdoa, misalnya, antara azan dan ikamat, menjelang waktu salat dan sesudahnya, ketika turun hujan, sepanjang hari Jumat, dan waktu-waktu baik lainnya.

Baca Juga: Doa Masuk Pasar Lengkap dengan Bacaan Latin serta Artinya

Kumpulan Doa Sehari-hari

1. Doa Mohon Kebaikan Demi Akhirat

 رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanā ātinā fid-dun-yā ḥasanataw wa fil-ākhirati ḥasanataw wa qinā ‘ażāban-nār(i).

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta lindungilah kami dari azab neraka.” (Al Baqarah: 201)

2. Doa Diberi Keteguhan Iman

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً ۚاِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Rabbanā lā tuzig qulūbanā ba‘da iż hadaitanā wa hab lanā mil ladunka raḥmah(tan), innaka antal-wahhāb(u).

Artinya: (Mereka berdoa,) “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami berpaling setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami dan anugerahkanlah kepada kami rahmat dari hadirat-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. (Ali Imran: 8)

3. Doa Kekuatan Iman

رَبَّنَآ اِنَّنَآ اٰمَنَّا فَاغْفِرْ لَنَا ذُنُوْبَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِۚ

Rabbanā innanā āmannā fagfir lanā żunūbanā wa qinā ‘ażāban-nār(i).

Artinya: “Wahai Tuhan kami, sesungguhnya kami benar-benar telah beriman. Maka, ampunilah dosa-dosa kami dan selamatkanlah kami dari azab neraka.” (Ali Imran: 16).

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm