Cara Menyimpan Pisang Agar Tidak Cepat Membusuk

3 Januari 2023 18:00 WIB
Ilustrasi pisang
Ilustrasi pisang ( kompas.com)

Sonora.ID - Pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Bahkan, buah pisang menjadi pilihan buah-buahan favorit bagi orang yang gemar berolahraga khususnya olahraga gym.

Oleh sebab itu, orang yang biasa nge-gym selalu menyediakan pisang dalam jumlah yang cukup banyak untuk dikonsumsi dalam beberapa hari.

Namun masalah yang seringkali timbul adalah pembusukan pada pisang yang ditandai dengan perubahan warna dari kuning menjadi cokelat.

Tidak ingin hal ini terus terjadi ?

Cukup lakukan beberapa cara ini, agar stok pisang yang tersedia tidak cepat membusuk. Dilansir dari Grid.id, berikut informasi selengkapnya :

Cara Menyimpan Pisang

Pisang bisa matang terlalu cepat atau tidak matang dengan cukup cepat; seperti alpukat, pisang ada di timeline mereka sendiri dan kami hanya mengikuti perjalanan.

Dengan demikian, ada cara untuk menyimpan pisang agar dapat mengontrol proses pematangannya dan menjaganya tetap segar dan lezat untuk waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Resep Bolu Pisang Kukus Lezat, Kamu Bisa Bikin Sendiri di Rumah!

Untuk menyimpan pisang, bergantung pada kematangannya saat dibeli, pisang akan bertahan di meja Anda selama dua hingga enam hari.

Jika Anda selalu memiliki pisang, ada baiknya berinvestasi dalam wadah dengan pengait.

Menggantung buah menghilangkan potensi memar, yang terjadi saat pisang ditumpuk

Anda juga harus berusaha menjauhkan buah dari sinar matahari langsung, karena panas matahari dapat menyebabkannya cepat matang.

Seperti banyak buah lainnya, mendinginkan dan membekukan dapat memperpanjang umur pisang.

Namun, jika keadaan menjadi tidak terkendali dan Anda pulang ke rumah dengan seikat pisang menghitam di atas meja Anda, selalu ada satu jawaban buat saja roti pisang.

Bisakah Anda Menyimpan Pisang di Kulkas ?

Ya, Anda benar-benar dapat menyimpan pisang di lemari es.

Perlu diingat bahwa iklim yang sejuk dan kering memperlambat proses pematangan, itulah sebabnya pisang tidak didinginkan di supermarket.

Dengan kata lain, jika Anda memasukkan pisang hijau yang masih mentah ke dalam lemari es, kemungkinan besar pisang tersebut akan tetap seperti itu.

Selain itu, memasukkan pisang ke dalam lemari es terlalu cepat sebenarnya dapat merusak buah dan menyebabkan apa yang oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat disebut sebagai "cedera dingin", yang menghentikan proses pematangan dan menyebabkan pisang terasa pahit.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Pisang, Ternyata Pertanda Hal Baik Ada di Depan Mata!

Cara Menyimpan Irisan Pisang

Irisan pisang cepat berubah warna, jadi sebaiknya hindari memotongnya sampai Anda siap untuk makan.

Namun, jika Anda memercikkannya dengan sedikit jus lemon, itu akan menurunkan tingkat pH dan akan mencegahnya menjadi kecokelatan.

Mengikuti trik lemon, masukkan ke dalam lemari es, baik dibungkus dengan bungkus plastik atau dalam wadah atau tas penyimpanan makanan kedap udara.

Disimpan dengan cara ini, irisan pisang bisa tetap segar selama tiga sampai empat hari.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm