Simak! 10 Manfaat Ekonomi Kreatif Bagi Perekonomian di Indonesia

11 Januari 2023 19:15 WIB
Manfaat Ekonomi Kreatif
Manfaat Ekonomi Kreatif ( Humas Kementerian Koperasi dan UKM)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja manfaat ekonomi kreatif bagi perekonomian di Indonesia.

Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019, Ekonomi Kreatif adalah perwujudan nilai tambah dari kekayaan intelektual yang bersumber dari kreativitas manusia yang berbasis warisan budaya, ilmu pengetahuan, dan/atau teknologi.

Bangsa dan negara Indonesia sudah siap untuk bersaing dengan ekonomi global. Namun, ekonomi kreatif ini belum begitu dikenal oleh sebagian masyarakat.

Dikarenakan istilah “ekonomi kreatif” belum lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, maka istilah ini masih terdengar samar-samar bagi sebagian masyarakat.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno: 70% Investor Indonesia dari Milenial dan Gen Z

Lantas apa saja apa saja manfaat ekonomi kreatif bagi perekonomian di Indonesia tersebut? dilansir dari situs kompas.com, simak ulasannya berikut ini:

  • Perkembangan Inovasi: Terbukanya berbagai jenis ide-ide baru untuk menciptakan persaingan yang kompetitif antar satu bisnis dan bisnis lainnya.
  • Persaingan yang Sehat: Membangun persaingan yang sehat antar bisnis-bisnis di dalam sebuah industri.
  • Kualitas Produk yang Membaik: Ekonomi kreatif membuat produsen-produsen menjadi lebih fokus pada pengembangan produk yang lebih baik.
  • Membuka Lapangan Kerja: Kesempatan yang lebih besar untuk mengembangkan kreativitas di era modern membuat banyak pengusaha berani membangun bisnis baru, sehingga lapangan pekerjaan semakin besar.

Baca Juga: Pemprov Kalbar Genjot Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

  • Menekan Angka Pengangguran: Kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan semakin terbuka, maka akan secara otomatis menekan angka pengangguran.
  • Pertumbuhan Ekonomi: Ekonomi kreatif meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebuah negara.
  • Pasar yang Semakin Beragam dan Spesifik: Ekonomi kreatif semakin memunculkan ragam produk yang tersedia di pasaran.
  • Dampak Positif terhadap Lingkungan: Salah satu karakter utama dari ekonomi kreatif adalah sisi green technology yang biasanya diadopsi secara terstruktur. Budaya menjaga lingkungan jadi salah satu faktor penting untuk memperbaiki kultur bisnis di masa mendatang.

Baca Juga: Hadiri World Travel Market di London, Sandiaga Uno: Kita Jaga Momentum Kebangkitan Ekonomi Indonesia

  • Meningkatkan Kualitas Hidup: Jika manfaat ekonomi kreatif telah terasimilasi sempurna dalam tatanan kehidupan masyarakat secara luas, maka kualitas hidup juga akan membaik.
  • Membangun Citra dan Identitas Negara yang Positif: Melalui kemampuan sumber daya manusia atau SDM yang kreatif, entitas bisnis yang terus berinovasi, serta pasar yang semakin luas dan kompetitif, maka sangat mungkin Indonesia menjadi pionir ekonomi regional maupun internasional.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm