7 Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan Terbaru, Paling Lengkap

31 Januari 2023 09:10 WIB
7 Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan Terbaru, Paling Lengkap
7 Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan Terbaru, Paling Lengkap ( Pexels)

Sonora.ID – Berikut ini sederet contoh teks diskusi tentang kesehatan beserta strukturnya.

Struktur dari teks diskusi terdiri dari isu, argumentasi pendukung, argumentasi penentang, dan kesimpulan di dalamnya.

Adapun tujuan dari teks diskusi ini yaitu untuk menentukan topik isu dan masalah supaya bisa saling berdiskusi tentang pendapat pro dan kontranya.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini tujuh contoh teks diskusi tentang kesehatan, simak:

1. Kesehatan Mental Anak di Lingkungan Keluarga

-Isu

Dalam lingkungan keluarga, orang tua harus memperhatikan kondisi mental anak dengan seksama. Anak dapat mengalami depresi atau terkekan jika lingkungan keluarga tidak sehat.

Peran orang tua sangat penting bagi kesehatan mental anak. Anak butuh dukungandan lingkungan positif agar bisa tumbuh lebih baik dan bahagia di usia muda.

Jika anak merasa tertekan akibat perlakuan buruk dari orang tua dan lingkungan keluarganya, maka anak akan tumbuh dengan rasa trauma bahkan akan tertanam sifat buruk pada anak.

-Argumen Pendukung

Orang tua harus memberikan dukungan dan contoh positif kepada anak yaitu dengan memberi pujian, pembelajaran tentang kehidupan serta pertolongan agar mereka bisa tumbuh tanpa ada rasa trauma.

Orang tua harus menggunakan kata-kata yang lembut dan namun tegas saat berbicara dengan anak. Sebagai contoh, anak-anak yang sukses di usia muda kebanyakan hasil dari didikan orang tua yang mensupport penuh kegiatan positif anak-anaknya.

-Argumen Penentang

Terkadang, anak harus dididik dengan keras agar menjadi mandiri dan terbiasa menghadapi kerasnya kehidupan.

Didikan yang keras mebentuk pribadi kuat pada anak serta tidak menjadi lemah dan manja. Namun, jangan sampai anak menjadi tertekan serta memiliki sifat pembangkang.

-Kesimpulan

Semua orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya, namun terkadang mereka salah mendidik anaknya sehingga kesehatan mental anak terganggu. Hal yang baik menurut orang tua belum tentu baik untuk anak, begitupun sebaliknya.

Orang tua harus berfikir bijak tentang cara mendidik anak yang baik agar kesehatan mental anak sampai tumbuh dewasa tetap terjaga.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Nikah yang Penuh Nasihat Mendalam Bagi Pasangan

2. Manfaat dan Efek Samping Buah Pisang

- Isu

Mengonsumsi buah sudah jadi kebiasaan semua orang, dengan mengonsumsi buah tubuh jadi lebih sehat. Salah satu buah yang paling sering dikonsumsi di Indonesia adalah buah pisang.

Buah pisang selain rasanya enak juga punya banyak kandungan yang berguna untuk kesehatan tubuh. Untuk contoh kandungannya adalah Lemak, protein, kalori, serat, kalium dan masih banyak yang lain.

-Argumen pendukung

Setiap kandungan punya manfaat sendiri-sendiri, seperti kandungan kalium pada pisang yang sangat tinggi bisa mencegah menurunnya vitalitas. Jadi untuk yang ingin staminanya bagus bisa konsumsi pisang saja.

Menurut beberapa penelitian menyebutkan kalau mengonsumsi pisang itu akan membuat seseorang yang vitalitasnya menurun bisa meningkat. Selain itu buah ini bisa juga membuat jantung jadi lebih sehat.

-Argumen penentang

Buah pisang di samping bisa meningkatkan vitalitas ternyata bisa menyebabkan kerusakan otot dan fungsi saraf. Pisang yang banyak kaliumnya ini kalau dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan kondisi seperti itu.

Selain menyebabkan kerusakan tubuh juga bisa membuat berat tubuh bertambah dengan cepat, hal tersebut dikarenakan kandungan karbohidrat di pisang. Jadi untuk yang obesitas baiknya jangan mengonsumsi dulu.

-Kesimpulan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm