Kembali ke Tanah Air, Sebanyak 515 Mahasiswa Program IISMA Siap Berkontribusi Nyata untuk Indonesia

1 Februari 2023 20:52 WIB
Siaran pers dan foto :  Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Siaran pers dan foto : Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( )

Sonora.ID - Sebanyak 188 mahasiswa sarjana dan 327 mahasiswa vokasi peserta program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 telah tiba di tanah air setelah menyelesaikan pembelajaran selama satu semester di berbagai perguruan tinggi kelas dunia.
 
Penyambutan bagi para mahasiswa ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi serta penyerahan kembali para mahasiswa kepada perguruan tinggi asal masing-masing. 
 
Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Sri Gunani Partiwi menyampaikan ucapan selamat datang bagi para mahasiswa sarjana. Ia menegaskan proses yang terjadi saat ini merupakan perjalanan yang belum berakhir.
 
"Selamat datang, semua proses yang adik-adik lakukan merupakan proses yang bermakna. Tentu perjalanan belum berakhir, adik-adik harus melanjutkan studinya agar kelak di kemudian hari adik-adik menjadi generasi yang unggul,” pesannya dalam sambutan secara daring di Jakarta, Senin (30/1).
 
Total peserta IISMA jalur sarjana yang sudah kembali ke Indonesia adalah sebanyak 823 mahasiswa.
 
Acara ini menjadi acara penyambutan yang ketujuh bagi peserta IISMA jalur sarjana dan yang pertama bagi peserta jalur vokasi.
 
Baca Juga: Kapolda Metro Jaya bentuk tim khusus pencari fakta terkait kasus tewasnya mahasiswa UI Hasya Atallah Syahputra

Direktur Akademi Pendidikan Tinggi Vokasi, Benny Bandanadjadja, mengungkapkan rasa bangga terhadap para mahasiswa yang telah membuat Indonesia semakin dikenal di kancah dunia. 

“Keberadaan adik-adik di luar negeri ikut membuat Indonesia semakin dikenal. Kami berharap adik-adik dapat memberikan dampak positif untuk menularkan semangat. Paling tidak adik-adik sudah membawa bekal, kami berharap aura positif ini dapat ditularkan,” ungkapnya.
 
Dalam acara penyambutan, sejumlah perwakilan peserta menceritakan pengalaman serta kesan selama mengikuti program IISMA di perguruan tinggi tujuan.
 
Peserta IISMA jalur sarjana diwakili Syifani Ihfadza Aliyah, mahasiswa Universitas Indonesia yang mengikuti pembelajaran di Western University, Kanada.
 
Sementara itu, peserta jalur vokasi diwakili oleh Muhammad Robith, mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang mengikuti pembelajaran di TAFE International Western, Australia. 
 
Perwakilan Kantor Urusan Internasional serta koordinator Perguruan Tinggi juga menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan program IISMA yang memfasilitasi mahasiswa untuk belajar dan memperoleh pengalaman di luar negeri. 
 
Siti Sahrian selaku Penanggung Jawab Program IISMA Jalur Vokasi dan Pengurus Urusan Internasional Politeknik Negeri Ujung Pandang menyampaikan rasa bangganya atas peran para mahasiswa dalam mempromosikan budaya Indonesia di luar negeri melalui pertunjukkan budaya. 
 
Pada kesempatan yang sama, I Made Andi Arsana yang menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Internasional, Universitas Gadjah Mada mengajak para mahasiswa untuk mengingat kembali apa yang mereka janjikan ketika menjalani proses seleksi dulu. 
“Kini saatnya mewujudkan dan memenuhi janji tersebut dengan berkontribusi nyata bagi Indonesia,” tegasnya. 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.