Sholawat Kamilah: Arab, Latin, Artinya Serta Manfaatnya

3 Februari 2023 08:00 WIB
ilustrasi, Sholawat Kamilah: Arab, Latin, Artinya Serta Manfaatnya
ilustrasi, Sholawat Kamilah: Arab, Latin, Artinya Serta Manfaatnya ( )

Sonora.ID - Berikut ini akan diulas bacaan sholawat kamilah, mulai dari tulisan arab, latin, artinya serta manfaat mengamalkannya.

Umat Islam hendaknya senantiasa membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Sholawat menjadi salah satu cara kita untuk selalu mengingat, meneladani serta meminta syafaat Nabi kelak di hari kiamat.

Sholawat umumnya berisi doa dan permohonan agar Nabi Muhammad SAW dan keturunannya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.

Ada banyak sholawat yang dikenal di Indonesia.

Salah satunya sholawat kamilah.

Simak bacaan sholawat kamilah berikut ini.

Baca Juga: Lirik Sholawat Hasbi Robbi Jalallah: Arab, Latin dan Terjemahan

Kamilah merupakan kata dari Bahasa Arab yaitu كَمِيْلَة

Kata ini memiliki arti 'sempurna'.

Adapun sholawat kamilah bisa dimaknai sebagai suatu sholawat yang bersi permohonan keberkahan yang sempurna untuk Rasulullah SAW.

Bacaan Sholawat Kamilah

Tulisan sholawat kamilah, baik arab, latin dan artinya adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامَّاعَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الَّذِىْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

ALLAAHUMMA SHALLI SHALAATAN KAAMILATAN WASALLIM SALAAMAAN TAAMMAN 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN AL-LADZII TANHALLU BIHI AL-‘UQADU WATANFARIJU BIHI AL-KURABU WATUQDLAA BIHI AL-HAWAAIJU WATUNAALU BIHI AR-RAGHAAIBU WAHUSNU AL-KHAWAATIMI WAYUSTASQA AL-GHAMAAMU BIWAJHIHI AL-KARIIMI WA'ALAA AALIHII WASHAHBIHII FII KULLI LAMHATIN WANAFASIN BI'ADADI KULLI MA'LUUMIN LAKA.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Manfaat Sholawat Kamilah

Sebelum mengetahui bacaan sholawat, kita perlu mengetahui terlebih dahulu manfaat dan keutamaan mengamalkannya.

Orang yang mengamalkannya dengan istiqomah akan terhindar dari kesempitan dan kesengsaraan dalam hidup.

Sholawat ini bisa membantu orang yang sedang kesusahan agar Allah SWT memberikan jalan keluar.

Baca Juga: Lirik Sholawat Isyfa'lana: Arab, Latin dan Artinya

Adapun membaca sholawat kepada Nabi memiliki keutamaan secara umum sebagai berikut:

1. Doanya Akan Dikabulkan

Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadis:

Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

2. Mendapatkan Pahala Berlipat Ganda dari Allah SWT

Orang yang rutin membaca sholawat akan mendapatkan pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

3. Diangkat derajatnya

“Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

4. Mendapatkan syafaat Nabi SAW di Hari Kiamat

Umat Islam yang senantiasa membaca sholawat di waktu-waktu luang dan sempitnya akan mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW.

Sebagaimana hadist: Dari Abdullah bin Umar, dia mendegar Rasulllah SAW bersabda, “Jika kalian mendengar azan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuah tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim),

5. Dikumpulkan di Surga Bersama Nabi

Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku"

Demikian ulasan tentang tulisan sholawat kamilah, baik bacaan arab, latin, artinya serta manfaat dan keutamaannya. 

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm