Musim Angin Barat, Pantai Jerman, Kuta Badung Kumpulkan 26 Ton Sampah Kiriman

6 Februari 2023 13:00 WIB
Kuta Badung Kumpulkan 26 Ton Sampah Kiriman
Kuta Badung Kumpulkan 26 Ton Sampah Kiriman ( )

Bali, Sonora.ID - Musim Angin Barat sejumlah pantai di Kabupaten Badung kembali diserbu sampah kiriman. Bahkan pemerintah kabupaten Badung yang diwakili sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bersama Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Badung melakukan pembersihan di pantai Jerman.

Ternyata jumlah sampah yang menepi di pantai sangat banyak. Khusus di Pantai Jerman sampah yang berhasil dikumpulkan menyacapai 60 Ton.

Sekda Adi Arnawa selaku Ketua Dewan Pengurus Kopri Kabupaten Badung saat dikonfirmasi mengakui pembersihan pantai dilakukan  bersama jajaran pengurus dan 2.000 anggota. Ia mengakui sampa di beberapa pantai kini lumayan banyak, karena musim angin barat.

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan bersih-bersih di sepanjang Pantai Kuta khususnya di Pantai Jerman adalah dalam rangka memperingati HUT ke-51 Korpri. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kebersamaan seluruh anggota Korpri Kabupaten Badung serta ikut mempromosikan icon baru Pantai Jerman," katanya.

Pihaknya mengaku seluruh jajaran Korpri melaksanakan kegiatan bersih-bersih di seputaran patung yang baru dibangun. Dengan kegiatan bersih-bersih pantai setidaknya membantu Badung yang merupakan daerah tujuan wisata.

"Kita berharap dengan langkah-langkah ini pantai akan bersih, karena bagaimanapun juga pantai sebagai salah satu obyek pariwisata di Badung. Mudah-mudahan dengan langkah ini setidaknya membantu petugas-petugas kebersihan yang tergabung dalam DLHK, sehingga harapan kita akan tetap terjaga kebersihan di sepanjang pantai," ujarnya.

Baca Juga: Guna Meredam Gejolak Harga Beras, Bulog Gelontorkan 186 ribu Ton Beras Operasi Pasar 

Pihaknya berharap kegiatan bersih-bersih pantai ini dilaksanakan secara berkala sekaligus mempromosikan beberapa tempat-tempat wisata yang baru.

"Saya sudah perintahkan Sekretaris Korpri untuk secara berkala, apakah tiga  bulan sekali melaksanakan kegiatan seperti ini sambil kita mempromosikan tempat-tempat baru, terutama ada penambahan beberapa tempat-tempat yang baru termasuk penataan SAMIGITA (Pantai Seminyak, Legian Dan Kuta)," harapnya.

Disinggung mengenai penataan pantai, pihaknya mengaku salah satu bagian daripada langkah pemerintah untuk mempercantik kawasan pantai. Selain itu diharapkan mendorong wisatawan agar datang ke Bali, khususnya ke Kabupaten Badung Sementara itu Sekretaris Korpri Kabupaten Badung I Wayan Wijana mengungkapkan, kegiatan bersih-bersih pantai kali ini telah didapatkan sampah sebanyak 13 truk sampah, dimana 1 truk dapat menampung 2 ton sampah.

"Jadi kalau di totalkan mendapatkan 26 ton sampah di Pantai Jerman ini," katanya.

Menurut Wijana, ada yang unik dalam kegiatan bersih-bersih pantai ini, dimana sampah yang didapatkan salah satunya adalah topi SMP yang berasal dari Jawa Timur. Ini membuktikan bahwa sampah ini juga berasal dari luar pulau Bali.

"Karena musim angin barat, semua sampah pantai menepi di Badung. Tidak hanya dari muara  sungai yang ada di Badung saja," imbuhnya.

Baca Juga: Isu Munculnya Mafia Beras di Tengah Kenaikan Harga, Ini Tanggapan KPPU Kanwil I

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm